Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkes Canangkan ELiminasi Malaria

Kompas.com - 06/05/2009, 19:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari mencanangkan eliminasi malaria pada puncak peringatan Hari Malaria Sedunia ke-2 di Jakarta, Rabu (6/5). Tahun 2010 ditargetkan turun 50 persen jumlah desa dengan malaria > 5 per 1.000 penduduk.

Tema peringatan tahun ini Indonesia Menuju Eliminasi Malaria, kaya Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Prof Tjandra Yoga yang juga Ketua Panitia Peringatan Hari Malaria Sedunia ke-2 di Jakarta, kemarin.   

Pada kesempa tan tersebut, kemarin yang mewakili Gubernur Papua Barnabas Suebu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Prijanto dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam TM Tayep sebagai perwakilan dari beberapa daerah menerima Surat Keputusan Menkes tentang el iminasi malaria secara bertahap mulai tahun 2010 hingga 2030.

Kebijakan eliminasi malaria ini bertujuan untuk membasmi malaria secara bertahap di Indonesia yaitu eliminasi DKI Jakarta, Bali, Barelang Binkar pada 2010. Eliminasi malaria di Jawa, Nanggroe Ace h Darussalam, Kepulauan Riau pada tahun 2015. Eliminasi di Sumatera, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan, Sulawesi pada tahun 2020, serta eliminasi di Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur pada tahun 2030.

Indonesia sebagai negara tropis dan endemis malaria sejak 12 November 1959 sudah mencanangkan Komando Pembasmian Malaria (KOPEM) yang ditandai dengan penyemprotan rumah untuk memberantas nyamuk penular malaria oleh Presiden Soekarno di Yogyakarta.

Gerakan ini berhasil menurunkan jumla h kasus malaria secara bermakna. Selanjutnya kegiatan ini dilakukan secara terus menerus walaupun sempat terjadi peningkatan kembali jumlah kasus karena resesi ekonomi yang menyebabnya terbatasnya dana dan sarana untuk melakukan pemberantasan malaria.  

Sel ain turunnya jumlah desa yang dengan malaria hingga 50 persen, program lainnya adalah pada tahun 2010 semua kabupaten/kota mampu melaksanakan pemeriksaan sediaan darah malaria dan memberikan pengobatan tepat dan terjangkau.

Juga pada tahun 2020 seluruh wilayah Indonesia sudah melaksanakan intensifikasi dan integrasi dalam pengendalian malaria.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com