Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Buruh Akan Tagih Janji Gubernur Jatim

Kompas.com - 01/05/2009, 09:19 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com — Ribuan buruh yang tergabung dalam Aliansi Buruh Menggugat (ABM) akan menduduki Kantor Pemprov Jawa Timur untuk memperingati Hari Buruh Internasional, Jumat (1/5).
     
Koordinator ABM Jatim Jamaluddin mengatakan, sedikitnya 2.500 buruh akan menuju ke Kantor Pemprov Jatim di Jalan Pahlawan Surabaya mulai pukul 10.00. "Yang sudah memberikan kepastian sebanyak 2.500 buruh yang akan ikut aksi hari ini. Namun, jumlah itu diperkirakan akan terus membengkak hingga mencapai 5.000 orang dari Gresik, Sidoarjo, dan Pasuruan yang akan bergabung dengan kami," katanya.
     
Dalam aksi itu, para buruh akan mengajukan beberapa tuntutan, di antaranya nasionalisasi sejumlah perusahaan, perlindungan buruh dari ancaman PHK, dan upah layak buruh. "Kami akan menagih janji Gubernur Jatim terhadap masalah pengangguran yang diucapkannya saat kampanye pilgub beberapa waktu lalu. Sejauh mana komitmen itu dilaksanakan," katanya.
     
Selain itu, kata Jamaluddin, pihaknya meminta Pemprov Jatim untuk mendesak Departemen Tenaga Kerja agar menghapus sistem tenaga kerja outsourcing.
     
Sebelumnya beberapa orang perwakilan dari ABM telah menemui Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf di Kantor Pemprov Jatim. Saat itu Saifullah berjanji akan ikut memperingati Hari Buruh Internasional bersama Gubernur Soekarwo dan ribuan buruh.
     
"Kemudian kami shalat Jumat bersama-sama di masjid Pemprov Jatim. Setelah itu kami melanjutkan orasi. Kalau janji itu tidak ditepati, kami akan menginap di Pemprov Jatim," kata Jamaluddin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com