Awas Malaria Sebabkan Anemia!

Kompas.com - 22/04/2009, 17:18 WIB
Editor

KOMPAS.com — Malaria adalah penyakit infeksi yang disebabkan parasit Plasmodium, yang hidup dan berkembang biak dalam sel darah merah manusia. Penyakit ini ditularkan melalui gigitan nyamuk malaria Anopheles betina dan mengandung parasit malaria, melalui gigitan itu parasit ditularkan kepada orang sehat.

Malaria membahayakan karena menyebabkan anemia atau kekurangan darah. Ini karena sel-sel darah merah banyak yang hancur dirusak oleh Plasmodium dan berkontribusi pada kematian ibu hamil. Penyakit ini juga bisa menyebabkan malaria berat sehingga mengakibatkan koma, kegagalan multi organ, serta menyebabkan kematian.

Direktur Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang Direktorat Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Departemen Kesehatan Rita Kusriastuti, dalam acara peringatan Hari Malaria Sedunia, di Gedung Departemen Kesehatan, Jakarta, Rabu (22/4), menyatakan, penyakit ini biasanya menyerang orang-orang yang tinggal di daerah yang mempunyai banyak genangan air atau tempat perindukan yang sesuai untuk tempat berkembangbiaknya nyamuk malaria di daerah endemis malaria. "Banyak daerah di Indonesia termasuk endemis malaria," ujarnya menambahkan.

Masyarakat bisa memperoleh informasi lebih jauh tentang malaria di tempat pelayanan kesehatan, seperti puskesmas, posmaldes, di Dinas Kesehatan baik provinsi maupun kabupaten atau kota, dan Departemen Kesehatan, ujar Rita. Informasi tentang malaria juga bisa diperoleh melalui penyuluhan malaria, seperti leaflet, buku saku, dan buku pedoman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X