Atasi Konflik Manusia dan Gajah, Aceh Bangun Menara Penghalau

Kompas.com - 22/04/2009, 10:36 WIB
Editor

CALANG, KOMPAS.com -  Balai Konservasi Sumber Daya Alam Nanggroe Aceh Darussalam, dibantu lembaga swadaya masyarakat Flora Fauna Internasional, akan membangun tiga unit Conservation Response Unit di tiga kabupaten pada tahun 2009 ini. Satu proyek percontohan stasiun tersebut sudah didirikan di Desa Ie Jeureungeh, Sampoiniet, Aceh Jaya.

Kepala BKSDA NAD Abubakar Chek Mat, ditemui disela-sela peresmian CRU Sarah Deu di Ie Jeureungeh, Selasa (21/4), mengatakan, idealnya, Aceh memiliki sekitar 10-12 unit stasiun pemantauan dan penghalau kawanan gajah liar. Unit-unit itu didirikan di wilayah-wilayah yang selama ini terpantau terjadi konflik antara gajah dengan manusia.

"Menyusul sebentar lagi adalah Kabupaten Aceh Barat dan Kabupaten Pidie. Lokasi dan segala sesuatunya sedang dipersiapkan," katanya.

Abubakar menyatakan, setidaknya ada lima kabupaten lagi yang memang selama ini dikenal sebagai salah satu wilayah dengan intensitas konflik satwa yang tinggi, diantaranya adalah Aceh Timur, Kabupaten Aceh Selatan, dan Kabupaten Aceh Utara. Wilayah-wilayah tersebut merupakan wilayah yang cukup tinggi intensitas konflik antara hewan dengan manusia. Sementara, diakui Abubakar, Aceh Jaya juga merupakan salah satu daerah dengan tingkat konflik satwa dengan manusia yang cukup tinggi.

Data Wahana Lingkungan Indonesia-Aceh menyebutkan, pada tahun 2008, setidaknya terjadi 62 kali konflik satwa dengan manusia. Wilayah Aceh Utara dan Aceh Timur merupakan wilayah yang paling tinggi intensitas konfliknya, yaitu sebanyak 20 dan 13 kali dalam tahun ini. Sementara, berdasarkan catatan itu, di wilayah Aceh Jaya tercatat terjadi tujuh kali konflik satwa dengan manusia.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.