Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengawasan UN Ketat, Pelanggaran Minim

Kompas.com - 21/04/2009, 21:54 WIB

SOLO, KOMPAS.com - Pengawasan terhadap pelaksanaan ujian nasional (UN) SMA tahun ini diperketat. Hingga hari kedua UN, belum ada laporan tentang dugaan kecurangan atau gangguan lainnya.

Ketua Tim Pemantau Independen (TPI) UN Kota Solo Sugiyanto mengatakan, tahun ini pemantau diberi wewenang lebih besar, yakni dapat masuk ruang ujian jika mendapati sesuatu yang mencurigakan dan langsung memberi peringatan di tempat.

Pemantauan, menurutnya, mulai dilakukan sejak kedatangan soal, penurunan soal, penataan, penyegelan ruang penyimpanan soal hingga pengamanannya. Pemantau juga mengawal distribusi soal hingga pengembalian lembar jawaban ujian ke subrayon dan rayon dari sekolah-sekolah usai ujian.

Pelaksanaan UN di SMA-SMA juga dilaporkan berjalan lancar. Ketua Tim Pengawas UN di Kota Solo Amir Fuadi mengatakan, hingga kini pihaknya belum menerima laporan dugaan kecurangan. Pihaknya menerjunkan 48 pengawas yang bertugas di 42 sekolah yang menjadi tempat penyelenggaraan UN. Sedangkan TPI menerjunkan 43 pemantau ke-43 SMK.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com