Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Tuntut "Uang Pilih Caleg"

Kompas.com - 13/04/2009, 17:06 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Sekitar 42 orang warga Kelurahan Kaligawe, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, Senin (13/4), mendatangi salah satu tim sukses calon anggota legislatif DPRD Kota Semarang dari Partai Demokrat bernama Suwanti menuntut pemenuhan janjinya akan memberikan sejumlah uang.

Menurut Ketua RW 1 Kelurahan Kaligawe, Haryono, pihaknya mengaku puluhan warga itu datang ke rumahnya untuk menyampaikan aspirasinya menuntut Suwanti sebagai tim sukses Agung Buwono calon anggota legislatif (caleg) Partai Demokrat DPRD kota daerah pemilihan (dapil) III (Kecamatan Gayam Sari, Kecamatan Genuk, dan Pedurungan), yang menjanjikan kepada warga akan memberikan sejumlah uang jika bersedia memilih caleg tersebut.

Namun, puluhan warga tersebut tidak berhasil menemui Suwanti di rumahnya, mengingat tidak berada di tempat.

Ia mengatakan, janji terhadap warga tersebut tidak sekedar melalui lesan, namun sejumlah warga tersebut didata dan diminta tanda tangan. "Janjinya, warga yang benar-benar mau memilih caleg tersebut akan mendapatkan uang Rp 25.000," ujarnya.

Kenyataannya, masih banyak warga yang belum mendapatkan uang yang dijanjikan oleh tim sukses tersebut. "Kalaupun ada, uang yang diterima hanya antara Rp 15.000 hingga Rp 25.000 per orang," ujarnya.

Ia memperkirakan, jumlah warga yang dijanjikan akan mendapatkan imbalan uang dengan memilih caleg tersebut pada saat pemilu legislatif 9 April lalu tidak hanya 42 orang, namun bisa mencapai seratus orang.

Kemarahan warga, tidak hanya terkait nilai uang yang dijanjikan tersebut, melainkan pengingkaran janjinya itu dianggap warga sebagai bentuk pelecehan. "Warga akan tetap menuntut kejelasan terhadap pengingkaran janji tersebut," ujarnya.

Yunani, salah satu warga sekitar yang dijanjikan akan mendapatkan uang oleh Suwanti mengaku, belum mendapatkan uang sama sekali. "Saya berharap, janjinya ditepati mengingat permintaan terhadap warga untuk memilih caleg tersebut dipenuhi," ujarnya.

Sebelumnya beredar kabar, Agung Buwono pernah menemui Suwanti membicarakan soal tuntutan warga. "Namun, saya tidak mengetahui jelas apakah uang untuk warga sudah dipenuhi oleh caleg tersebut atau uangnya sudah tersedia tetapi masih disimpan oleh tim suksesnya itu," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com