Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teror Bom di Gereja

Kompas.com - 10/04/2009, 09:08 WIB

ATHENA, KOMPAS.com — Ahli penjinak bom akhirnya mengamankan sebuah bahan peledak rakitan dari Kathedral Metropolitan Athena, Yunani, yang terletak di jantung kota itu, Kamis (9/4) petang waktu setempat atau Jumat WIB.

Sebelumnya, polisi menerima telepon dari orang tak dikenal yang menyatakan bahwa sebuah bom akan meledak di Kathedral Athena dalam waktu 45 menit setelah telepon itu berdering pada Kamis petang.

Polisi segera menutup kawasan sekitar Kathedral, sementara pasukan penjinak bom segera dikirim untuk menyisir Kathedral. Mereka menemukan bahan peledak tersebut di satu ransel di dalam Kathedral.

Bahan pembakar itu terdiri atas satu detonator jam yang dioperasikan oleh baterei dan kaleng gas atau peledak. Selanjutnya, bom itu dijinakkan.

Satu benda lain terbakar, tapi tanpa pemicu di Gereja Aghia Triada di Piraeus, sementara satu benda lagi ditaruh di beberapa gereja di kota pelabuhan Thessaloniki di bagian utara negeri tersebut. 

Atas banyaknya teror bom menjelang hari raya Paskah itu, polisi kini sedang melakukan penyelidikan. Sejak bocah laki-laki yang berusia 15 tahun tewas oleh polisi pada Desember lalu, Yunani menghadapi serangkaian protes dan serangan bom yang meningkatkan kerusuhan terburuk di negeri itu selama beberapa dasawarsa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com