Semua Jenazah Kru Pesawat Avia Star Dievakuasi - Kompas.com

Semua Jenazah Kru Pesawat Avia Star Dievakuasi

Kompas.com - 09/04/2009, 13:52 WIB

JAYAPURA, KOMPAS.com — Semua kru pesawat Avia Star yang jatuh di Gunung Pike, Wamena, Jayawijaya dinyatakan tewas. Sejumlah enam jenazah korban kecelakaan pesawat terbang Avia Star yang jatuh di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, sudah dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wamena.
    
Dari Jayapura, Kamis, dilaporkan, keenam jenazah korban kecelakaan itu adalah Kapten Pilot Sigit Triwahyono, Ko-Pilot M Lukmas Yusuf, Teknisi Nesudin Rahmat, juru muat Nikmatur Rahman, pramugari Ida Handayani dan Asmarani.
    
Pesawat Avia Star berangkat dari Bandar Udara Sentani-Jayapura mengangkut bahan kebutuhan pokok dan bahan bangunan. Jenis pesawat yang nahas itu BAE 146 Seri 300. Kode Pesawat PK-BRD. Kontak terakhir dengan Tower Bandara Wamena pada pukul 07.17 WIT.
    
Kepala Dinas Perhubungan dan Telekomunikasi Kabupaten Jayawijaya Maskur Adam, melalui telepon jarak jauh, mengatakan, evakuasi dilakukan dengan Helikopter Mission milik misi Gereja setempat. Evakuasi dilakukan sebanyak tiga kali penerbangan.
    
"Evakuasi pertama membawa jenazah juru muat Nikmatur Rahman. Evakuasi kedua dilakukan pada pukul 15.00 WIT membawa tiga jenazah, dan evakuasi ketiga pada pukul 15.25 WIT membawa dua jenazah lainnya. Kondisi fisik jenazah tidak utuh lagi," kata Maskur Adam.
    
Pada pukul 15.45 jenazah Nikmatur disemayamkan di Masjid Baiturrahman untuk selanjutnya dimakamkan di Wamena sesuai permintaan keluarga, sedangkan lima jenazah lainnya masih berada di RSUD setempat. "Menurut rencana, lima jenazah ini akan dibawa ke kampung halaman mereka di Jawa melalui Jayapura. Seharusnya lima jenazah korban kecelakaan pesawat Avia Star sudah diterbangkan ke Jayapura petang ini. Namun, cuaca di sini tidak bersahabat sehingga ditunda sampai besok Jumat," kata Maskur Adam.
    
Menurut dia, pesawat Avia Star yang nahas itu menabrak Gunung Pike dan jatuh ke dalam jurang yang cukup terjal sehingga dibutuhkan waktu yang lama untuk evakuasi. Semua jenazah yang tiba di RSUD Wamena dijemput Bupati Jayawijaya Wempi Wetipo dan Wakil Bupati John Banua serta unsur Muspida Kabupaten Jayawijaya lainnya.


Editor

Close Ads X