Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

56 Rumah Rusak Diterjang Puting Beliung

Kompas.com - 08/04/2009, 20:18 WIB

BREBES, KOMPAS.com — Sekitar 56 rumah di Desa Prapag Kidul dan Prapag Lor, Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes, rusak diterjang angin puting beliung, Rabu (8/4) siang. Dari jumlah tersebut, empat di antaranya ambruk, sedangkan sisanya rusak ringan. Kerusakan berupa hilangnya genteng akibat terbawa angin.

Tiga rumah yang ambruk terdapat di Desa Prapag Kidul, yaitu rumah milik Wasad (40), Suhardi (35), dan Casmad (50), semuanya warga RT 1 RW 5. Sementara satu rumah lainnya terdapat di Desa Prapag Lor, milik Tarun.

Dalam peristiwa tersebut, lima warga Desa Prapag Kidul mengalami luka akibat tertimpa genteng yaitu Wamro (39), Sinta (10), Wasad (40), Dawilah (38), dan Caswan (34). Warga yang luka mendapat perawatan dari bidan desa setempat.

Kepala Desa Prapag Kidul, Muhaimin, mengatakan, angin puting beliung menerjang wilayah tersebut sekitar pukul 13.30. Saat itu, kedua desa yang terletak di pinggir pantai utara tersebut dilanda gerimis. Kebetulan tidak hujan, hanya gerimis dan mendung. "Tiba-tiba, muncul angin kencang dari arah utara, dan kemudian menerjang permukiman warga," ujarnya.

Tim SAR

Kepala Seksi Perlindungan Masyarakat, Kantor Kesatuan Bangsa Politik Perlindungan Masyarakat Brebes, Mujahidin, mengatakan, pemerintah telah menurunkan anggota Tim SAR dan mengirimkan bantuan pangan.

Kepala Tenaga Teknisi Stasiun Meteorologi Tegal, Uriman, mengatakan, potensi terjadinya angin puting beliung di wilayah pantura masih akan berlangsung hingga akhir April. Pasalnya, udara di wilayah tersebut masih panas sehingga menimbulkan penumpukan awan. Selain itu, masyarakat juga harus mewaspadai potensi hujan yang disertai petir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com