FOTO CITIZEN: Saksi Bisu Jalur Trem Gondanglegi-Kepanjen

Kompas.com - 08/04/2009, 09:45 WIB
Editor

KOMPAS.com — Jembatan Afiat menghubungkan Jambegede, Kecamatan Pagelaran, dan Bumiayu, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang. Jembatan yang melintasi Kali Brantas ini sebenarnya didirikan di atas pilar dan landasan jembatan trem yang berada pada jalur trem jurusan Gondanglegi-Kepanjen.

Jalur yang mulai diaktifkan pada 1900 oleh Malang Stoomtram Maatschappij itu ditutup dan dibongkar pada 1943 oleh Jepang (Tim TBN, 1997). Bekas-bekas rel di sepanjang jalur tersebut sudah tak ada lagi, tetapi keberadaan jembatan yang masih menampakan ciri-ciri sisa jembatan kereta api ini seolah menjadi suatu bukti sekaligus saksi bisu keberadaan lintasan trem yang populer di kalangan railfans (pencinta kereta api), tetapi tak banyak diketahui oleh warga Malang.

Foto Kiriman Endiarto Wijaya via Citizen Images.

Jadi citizen photojournalist, kirim foto rekaman Anda tentang peristiwa di sekitar, even, unik, kritik sosial atau human interest ke http://citizenimages.kompas.com



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X