Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puting Beliung di Banyumas, 31 Rumah Rusak

Kompas.com - 02/04/2009, 15:19 WIB

BANYUMAS, KOMPAS.com — Angin puting beliung disertai hujan menerjang empat desa di Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Kamis (2/4).

Kejadian itu mengakibatkan 31 rumah rusak, dan enam di antaranya rusak parah. Sebuah kandang ayam juga ikut hancur. Berdasarkan informasi yang dihimpun, angin puting beliung itu terjadi sekitar pukul 12.30.

Angin pertama kali muncul di Desa Glempang yang berada paling atas dibandingkan tiga desa lainnya. Angin kemudian bergerak ke arah timur Desa Tumiyang, dan turun ke Desa Pekuncen dan Pasiraman Kidul. Di Desa Glempang, ditemukan 23 rumah rusak dan enam di antaranya rusak parah.

Sementara di Desa Tumiyang ditemukan sebuah kandang ayam senilai Rp 80 juta hancur, dan delapan rumah rusak sedang di Desa Pekuncen dan Desa Pasiramankidul.

Camat Pekuncen Ahmad Suryanto mengatakan, kedatangan angin puting beliung itu mengejutkan warga karena mulanya hujan yang turun di sekitar empat desa itu tak begitu lebat pada pukul 12.00. Namun, setengah jam kemudian hujan turun begitu lebat dan disertai angin kencang yang memutar. "Sekitar pukul 12.30 itu, angin puting beliung mulai menerjang rumah-rumah," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com