Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investor China Berminat Bangun Tol Medan-Tebing Tinggi

Kompas.com - 04/03/2009, 20:48 WIB

MEDAN, RABU - Investor asal China menyatakan minatnya untuk membangun jalan tol Medan-Tebing Tinggi sepanjang lebih kurang 55,5 kilometer. Minat investor China itu disampaikan Duta Besar RI untuk China Sudradjat ketika bertemu Gubernur Sumatera Utara, H Syamsul Arifin, di Medan, Rabu (4/3).
   
Sudrajat yang datang bersama Sun Kelin, pimpinan perusahaan konstruksi asal China, "China State Construction Eng, Corp", mengatakan investor tersebut siap membantu pembangunan berbagai infrastruktur di Sumut, termasuk pembangunan jalan tol. "Kedatangan kita ke sini supaya ada perhatian khusus ke Sumut, karena daerah ini masih membutuhkan energi listrik, infrastruktur jalan dan pengembangan pelabuhan," katanya.
   
Menurut dia, hubungan bilateral antara China dengan Indonesia khususnya dengan Sumut sejauh ini cukup menggembirakan sekaligus merupakan partner strategis.
   
Sementara itu, Sun Kelin mengatakan perusahaannya merupakan salah satu BUMN China. Ia sengaja datang ke Sumut karena daerah itu masih membutuhkan percepatan pembangunan infrastruktur jalan, khususnya jalan tol Medan-Kuala Namu dan Tebing Tinggi. "Untuk itu kami menawarkan diri untuk membangun jalan tol itu guna mempercepat pembangunan Bandara Kuala Namu," katanya.
   
Gubernur H Syamsul Arifin menyambut baik tawaran itu dan menyatakan dukungannya agar rencana pembangunan jalan tol Medan-Kuala Namu-Tebing Tinggi dapat terwujud guna memperlancar arus transportasi di kawasan itu.
   
Guna menindaklanjuti tawaran itu, gubernur menugaskan Kepala Bappeda dan Kadis Jalan dan Jembatan Sumut untuk melakukan pertemuan dan membahasnya dengan pihak investor asal China tersebut.
   
Pada kesempatan itu gubernur juga berharap penerbangan langsung Medan-China dapat segera dibuka guna memperlancar arus kunjungan wisata dari kedua negara, terutama wisatawan asal China yang jumlah penduduknya sangat besar sekaligus merupakan potensi besar bagi pengembangan pariwisata Sumut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com