Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bali Process Juga Bahas Pengungsi Afganistan

Kompas.com - 27/02/2009, 18:05 WIB

HUA HIN,JUMAT-Menlu Hassan Wirajuda menegaskan bahwa konferensi setingkat menteri Bali Process pada 14-15 April di Bali tidak hanya membahas soal pengungsi Rohingya.

Forum yang didirikan untuk memerangi penyelundupan dan penjualan manusia itu juga akan membahas pengungsi, Afganistan. Awal bulan ini, Kepolisian RI juga telah menangkap 40 orang manusia perahu asal Afganistan di Sulawesi Tenggara yang sedang menuju Australia.

Menurut Hassan, Indonesia optimistis, persoalan pengungsi baik Rohingya maupun dari Afganistan akan diselesaikan bersama negara-negara ASEAN lain dan Australia.

"Indonesia tidak akan membawa masalah pengungsi ini ke urusan bilateral namun akan mendorong ini menjadi masalah kawasan," kata Hassan usai pertemuan dengan para menlu di KTT ASEAN ke 14 di Hua Hin, Cha-Am, Thailand, Jumat (27/2).

Menurut Hassan Indonesia memiliki pengalaman manis menangani pengungsi. Yakni saat berhasil memulangkan pengungsi Afganistan pada 2002. "Saat itu kita membicarakan mekanisme kepulangan mereka termasuk soal ongkos kepulangan siapa-siapa yang menanggung dan berhasil," kata Hassan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com