Bali Process Juga Bahas Pengungsi Afganistan

Kompas.com - 27/02/2009, 18:05 WIB
Editor

HUA HIN,JUMAT-Menlu Hassan Wirajuda menegaskan bahwa konferensi setingkat menteri Bali Process pada 14-15 April di Bali tidak hanya membahas soal pengungsi Rohingya.

Forum yang didirikan untuk memerangi penyelundupan dan penjualan manusia itu juga akan membahas pengungsi, Afganistan. Awal bulan ini, Kepolisian RI juga telah menangkap 40 orang manusia perahu asal Afganistan di Sulawesi Tenggara yang sedang menuju Australia.

Menurut Hassan, Indonesia optimistis, persoalan pengungsi baik Rohingya maupun dari Afganistan akan diselesaikan bersama negara-negara ASEAN lain dan Australia.

"Indonesia tidak akan membawa masalah pengungsi ini ke urusan bilateral namun akan mendorong ini menjadi masalah kawasan," kata Hassan usai pertemuan dengan para menlu di KTT ASEAN ke 14 di Hua Hin, Cha-Am, Thailand, Jumat (27/2).

Menurut Hassan Indonesia memiliki pengalaman manis menangani pengungsi. Yakni saat berhasil memulangkan pengungsi Afganistan pada 2002. "Saat itu kita membicarakan mekanisme kepulangan mereka termasuk soal ongkos kepulangan siapa-siapa yang menanggung dan berhasil," kata Hassan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.