Pesawat Lion Air Mendarat Tanpa Roda Depan - Kompas.com

Pesawat Lion Air Mendarat Tanpa Roda Depan

Kompas.com - 23/02/2009, 20:45 WIB

BATAM, SENIN — Sebuah pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 972 mendarat darurat di Bandara Hang Nadim Batam tanpa roda depan, Senin (23/2) sekitar pukul 18.30. Pesawat berhasil mendarat dan sejauh ini dilaporkan tidak ada korban jiwa.

Pesawat tujuan Medan-Batam tersebut seharusnya berangkat pukul 13.00. Namun, pihak Lion Air mengumumkan adanya penundaan yang berlangsung hingga tiga jam. Keberangkatan baru dapat dilakukan pukul 16.00.

Seharusnya pesawat mendarat di Bandara Hang Nadim Batam sekitar pukul 17.30. Namun, pendaratan tidak dapat dilakukan dan pesawat terus berputar-putar di sekitar bandara.

Menurut cerita sejumlah penumpang yang ditemui Kompas, pesawat gagal landing karena roda depan tidak dapat dikeluarkan. Pramugari langsung mengumumkan situasi darurat dan meminta penumpang tenang.

Penumpang sempat panik karena beberapa kali pilot berupaya melakukan pendaratan darurat tetapi gagal. Pesawat beberapa kali mencoba turun mendekati landasan, tetapi urung dan kembali berputar.

Setelah satu jam kemudian, pilot akhirnya memutuskan untuk melakukan pendaratan darurat. Sekitar pukul 18.30, pesawat menyentuh landasan. Beruntung pendaratan tersebut sukses dan tidak terjadi kebakaran. Badan depan pesawat hanya nyungsep di ujung landasan tanpa roda depan.

Sejauh ini, tidak ada korban jiwa dalam pendaratan darurat tersebut. Sejumlah penumpang dilaporkan mengalami luka akibat benturan. Evakuasi masih dilakukan dan sejumlah mobil ambulans tampak berseliweran mendekat ke lokasi kejadian.


Editor

Terkini Lainnya


Close Ads X