Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Program Pelatihan Kewirausahaan Diluncurkan

Kompas.com - 23/02/2009, 20:22 WIB

JAKARTA, SENIN — Pendidikan kewirausahaan perlu menjadi gerakan nasional. Untuk itu, Universitas Ciputra Entrepreneurship Center meluncurkan program-program utamanya ke publik melalui acara bertema "Entrepreneurship Changes Our Future", Senin (23/2).

Ciputra berpendapat, Indonesia memerlukan suatu strategi lompatan besar agar dapat mengatasi masalah pengangguran yakni dengan memberdayakan masyarakat untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri dengan kecakapan berwirausaha. Ciputra menuangkan gagasannya itu dalam bukunya bertajuk Ciputra Quantum Leap Entrepreneurship Mengubah Masa Depan Bangsa dan Masa Depan Anda.

Tiga program utama yang diluncurkan ialah program-program pelatihan kewirausahaan bagi tiga kelompok yakni masyarakat, pendidik (pelatih kewirausahaan), dan lembaga pendidikan. Model dan materi pelatihan disesuaikan oleh kebutuhan masing-masing kelompok tersebut. UCEC sendiri telah membentuk tim pengembangan kurikulum kewirausahaan yang merupakan gabungan dari praktisi kewirausahaan dan ahli pendidikan.

Pendirian Universitas Ciputra Entrepreneurship Center (UCEC) oleh pengusaha properti Ciputra sendiri dilandasi keyakinan bahwa semangat dan kecakapan berwirausaha akan mampu mengatasi masalah pengangguran, kemiskinan, dan mengangkat tingkat kesejahteraan masyarakat.

Pada kesempatan itu, ditandatangani pula perjanjian kerja sama sama antara pengusaha properti Ciputra selaku pendiri UCEC dan Martha Tilaar pendiri PT Martha Beauty Gallery dan Yayasan Dana Sejahtera Mandiri yang dipimpin Haryono Suyono. Mereka akan bekerja sama membuat pelatihan dan pembekalan kewirausahaan yang dirancang khusus bagi masyarakat miskin di perkotaan dan pedesaan.

Haryono Suyono dalam sambutannya mengatakan, seorang yang berjiwa wirausaha tidak harus bergerak di bidang bisnis. Semangat dan kemampuan berwirausaha tersebut tetap akan bermanfaat di mana pun seseorang berkarya baik di bidang politik, sosial, dan pemerintahan. Semangat kewirausahaan yang menekankan kepada inovasi, kreativitas, kemampuan melihat peluang, dan etos kerja keras dapat berguna dalam mengembangkan organisasi apa pun di dalam masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com