Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Thailand: ASEAN Harus Lebih Kredibel

Kompas.com - 21/02/2009, 14:23 WIB

JAKARTA, SABTU — Asosiasi Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN), melalui Piagam ASEAN, tengah menuju suatu komunitas yang lebih efektif. Dengan adanya piagam yang telah disepakati oleh kesepuluh negara anggotanya, ASEAN sepakat untuk membangun Komunitas ASEAN di bidang politik, ekonomi, dan sosial budaya.

Perdana Menteri Thailand Abhisit Vejjajiva berharap agar seluruh organ-organ dan mekanisme dapat bekerja sama untuk menyusun strategi pendirian Komunitas ASEAN. Dengan adanya komunitas ini, Vejjajiva juga berharap ASEAN membentuk lembaga hak asasi manusia yang kredil dan realistis.

"Lembaga ini nantinya berfungsi untuk meningkatkan promosi dan perlindungan hak asasi manusia di kawasan ASEAN," ujar Vejjajiva ketika menyampaikan pidatonya di hadapan diplomat, duta besar negara sahabat, serta media nasional dan internasional, Sabtu (21/2) di Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta.

Ke depannya, Vejjajiva, yang merupakan lulusan Universitas Oxford, Inggris, ini mengatakan, ASEAN harus kredibel dan transparan dalam menjalankan perannya dalam memonitor dan menyelesaikan permasalahan di kawasan. Di masa mendatang, lanjut Vejjajiva, ASEAN juga akan banyak bekerja sama dengan aktor non-negara, seperti anggota dewan, sektor swasta, pemimpin kelompok-kelompok masyarakat, dan pemuda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com