Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Thailand Imbau ASEAN Bersatu

Kompas.com - 21/02/2009, 13:23 WIB

JAKARTA, SABTU — Perdana Menteri Thailand Abhisit Vejjajiva, Sabtu (21/2) di Sekretariat ASEAN, Jakarta, mengimbau negara-negara anggota Asosiasi Negara-Negara Asia Tenggara atau ASEAN untuk meningkatkan kerja sama regional guna menghadapi tantangan dan ancaman yang bersifat regional maupun global.

Menurutnya, di tengah-tengah dunia yang saat ini semakin saling tersambung satu sama lainnya, tidak ada satu negara atau kawasan pun yang bebas dari ancaman regional maupun global.

"Krisis keuangan global, misalnya, menekankan bahwa tidak ada satu negara atau kawasan yang imun terhadap ketidakpastian global," ujar Vejjajiva di hadapan para diplomat dan duta besar negara sahabat. 

Vejjajiva mengatakan, tantangan lainnya adalah persepsi bahwa ASEAN hanya dikendalikan oleh para pemimpin dan pemerintah negara-negara anggota. Menurutnya, jika ASEAN tidak responsif terhadap kehendak dan aspirasi warganya, maka cita-cita sebagai suatu Komunitas ASEAN tidak akan terealisasi seutuhnya.

"Maka itu, Thailand sebagai pemimpin ASEAN saat ini memelopori ASEAN Charter for People, yang memiliki arti filosofis bahwa warga harus menjadi perhatian utama serta landasan kerja sama," ujarnya. 

Menurutnya, kerja sama antarnegara ASEAN saat ini telah berkembang pesat. "Namun, tetap masih ada ruang bagi perkuatan kerja sama," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com