Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hillary: AS Berharap Bisa Dekat dengan ASEAN

Kompas.com - 18/02/2009, 21:16 WIB

JAKARTA, RABU — ASEAN memiliki peranan penting dalam menyelesaikan berbagai permasalahan-permasalahan regional, seperti perubahan iklim, terorisme, keamanan, dan hak asasi manusia.

Demikian dikatakan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Rodham Clinton saat berkunjung ke Sekretariat ASEAN, Jakarta, Rabu (18/2).

Hillary menyatakan, kunjungannya ke Sekretariat ASEAN ini guna mempererat hubungan antara AS dan ASEAN, yang pada masa pemerintahan Presiden George W Bush kurang mesra. "Inilah waktunya bagi AS dan ASEAN untuk bersatu menghadapi masalah-masalah global," ujarnya.

Ke depannya, Hillary berharap AS memiliki hubungan yang dekat dengan ASEAN karena ASEAN akan memainkan peran penting terhadap isu-isu global di masa mendatang.

Mantan Senator New York ini juga mengatakan akan hadir dalam Forum Regional ASEAN di Thailand pada bulan Juli mendatang.

Kunjungan Menlu Hillary ke sejumlah negara di Asia merupakan salah satu pendekatan diplomasi baru AS di bawah pemerintahan Obama yang menekankan smart power.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal ASEAN Surin Pitsuwan menyambut baik pemikiran Hillary. "Kami terbuka keinginan baru AS untuk berperan aktif di kawasan ASEAN. Kami juga menghargai keinginan Menteri Luar Negeri Clinton untuk menghadiri Forum Regional ASEAN," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com