Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Thailand Siap Atasi Rohingya

Kompas.com - 12/02/2009, 04:44 WIB

JAKARTA, KAMIS - Thailand akan memberikan dukungan penuh pada penyelesaian masalah manusia perahu etnis Rohingya asal Myanmar dan Banglades. Terkait tuduhan  kekerasan yang dilakukan militer Thailand kepada orang-orang Rohingya, Pemerintah Thailand mengundang badan independen hak asasi manusia untuk turut melakukan investigasi.

Menteri Luar Negeri Thailand Kasit Piromnya mengungkapkan hal itu seusai diterima Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Kantor Presiden, Rabu (11/2). Kasit juga sempat membahas hal itu di Departemen Luar Negeri.

Pemerintah Thailand menilai Bali Process merupakan mekanisme efektif untuk mencari solusi bagi permasalahan pengungsi Rohingya. ”Lebih dari 10 tahun lalu, Indonesia dan Thailand mendapat banyak pengalaman dari langkah-langkah komprehensif mengatasi masalah manusia perahu Vietnam. Dengan bekal pengalaman itu, melalui Bali Process serta kerja sama dengan UNHCR, kita akan bekerja sama untuk mencari solusi masalah Rohingya,” ujar Kasit.

Kasit juga menegaskan, Pemerintah Thailand memberi akses seluas-luasnya kepada komunitas internasional untuk turut memastikan tidak terjadi kekerasan kepada orang-orang Rohingya yang singgah di negeri itu. Ia mengatakan, kekerasan mungkin terjadi pada satu-dua orang di antara para pengungsi dan terekspos oleh media.

Investigasi menyangkut hal itu telah dilakukan oleh otoritas Pemerintah Thailand dan komisi hak asasi manusia yang bersifat independen di negeri itu. ”Kami juga bekerja sama erat dengan UNHCR dan komunitas internasional dalam Bali Process dengan inisiatif Pemerintah Indonesia,” ujarnya. (DAY)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com