Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Pengungsi Rohingya, Menlu Thailand Kunjungi Indonesia

Kompas.com - 09/02/2009, 11:42 WIB

BANGKOK, SENIN — Menteri Urusan Luar Negeri Thailand Kasit Piromya secara resmi akan mengunjungi Indonesia dan Filipina pada pekan ini guna memperkokoh hubungan bilateral. Ini merupakan kunjungan pertama sejak ia menduduki jabatannya pada Desember.

Isu migran Rohingya merupakan agenda utama yang akan dibicarakan di Jakarta. Demikian ditegaskan Deputi Dirjen Urusan Asia Timur Departemen Urusan Kementerian Luar Negeri Medha Promthep.

Ia mengatakan, kedua lawatan tersebut akan menjadi awal kunjungan untuk memperkokoh hubungan bilateral karena tiga negara merupakan kelompok regional anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).  

Medha mengatakan, menteri luar negeri dijadwalkan mengunjungi Indonesia pada 10-12 Februari. Selama kunjungannya, ia diperkirakan akan membicarakan berbagai masalah, termasuk provinsi perbatasan bagian selatan Thailand, perikanan di perairan Indonesia, serta masalah migran Rohingya.

Kasit mengharapkan pertukaran pandangan dengan para pejabat senior Indonesia dan akan bertemu para pemimpin organisasi Muslim terbesar di Indonesia, negara dengan populasi Muslim terbesar.

Kasit akan membawa hasil-hasil pembicaraan pada saat ia kembali ke Bangkok guna dibahas dengan pemerintah dan sektor swasta, termasuk perikanan, guna mengeksplorasi berbagai langkah untuk mengatur industri.

Sebelum lawatan ke Indonesia, Kasit dijadwalkan mengunjungi Filipina, Minggu (8/2) dan Senin, di mana ia akan membicarakan kerja sama bilateral, terutama di bidang pariwisata.

Thailand dan Filipina memperingati hubungan diplomatik yang ke-60 pada tahun ini dan para menteri akan membicarakan berbagai aktivitas untuk memperingati acara tersebut. Namun, masalah pemberontak Thailand di provinsi bagian selatan dan kemungkinan penjualan beras juga akan termasuk dalam agenda pembicaraan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com