Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

446 Pengidap HIV/AIDS di NTT Berusia 25-49 Tahun

Kompas.com - 31/01/2009, 19:43 WIB

KUPANG, SABTU - Sebanyak 446 kasus HIV/AIDS di Nusa Tenggara Timur menimpa warga berusia 25-49 tahun atau usia produktif. Sementara anak berusia 0-5 tahun sebanyak 11 orang. Staf Komisi Penanggulangan HIV/AIDS Provinsi NTT, Gusti Brewon di Kupang, Sabtu (31/1) mengatakan, data per 31 Desember 2008 menunjukkan perkembangan kasus HIV/AIDS cukup besar.

Laporan dari 20 kabupaten/kota se-NTT kecuali Sumba Barat Daya, Sumba Tengah dan Nagekeo menunjukkan angka HIV/AIDS sebanyak 538 kasus. "Jumlah ini terdiri dari HIV sebanyak 354 dan AIDS sebanyak 184 kasus, sementara pengidap yang meninggal dunia sebanyak 112 orang. Ada perkembangan angka yang cukup besar dibanding tiga bulan sebelumnya hanya 400-an kasus," kata Brewon.

Kenaikan itu menunjukkan pihak pihak yang menangani masalah HIV/AIDS sudah bekerja cukup maksimal seperti VCT atau tes sukarela HIV, Dinas Kesehatan, Puskesmas, dan KPAD Kabupaten/Kota serta LSM peduli HIV/AIDS. Berkat kerja keras lembaga lembaga ini mereka berhasil mengidentivikasi pengidap HIV/AIDS baru.

Brewon menyebutkan, masih banyak kasus yang belum teridentifikasi atau dilaporkan. Tetapi diyakini, jumlah tersebut akan terus menanjak. Sudah saatnya NTT memiliki sebuah rumah singgah yang secara khusus menampung dan menangani para pengidap HIV/AIDS dan pengguna narkoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com