Harimau Sumatera Serang Warga, 2 Tewas

Kompas.com - 30/01/2009, 14:06 WIB
Editor

JAMBI, JUMAT — Seorang warga tewas dan satu lainnya yang sempat hilang, setelah diserang harimau sumatera di wilayah penyangga Taman Nasional Berbak, juga ditemukan tewas, Jumat (30/1) siang. Harimau agresif menyerang manusia diduga karena perambahan kian marak di hutan yang merupakan area jelajahnya.

 

Serangan harimau terjadi Kamis dini hari lalu. Saat itu, tiga warga perambah hutan di kawasan eks hak pemanfaatan hutan Rimba Karya Indah (RKI) di Sungai Gelam, Muaro Jambi, yang hanya berjarak 5 kilometer dari Taman Nasional Berbak, tengah beristirahat dalam pondokan mereka. Saat mendengar suara-suara di luar pondokan, mereka pun bangun dan keluar.

Tiba-tiba seekor harimau sumatera menyerang Suyut (58) hingga tewas. Harimau kemudian menyerang Imam, anak Suyut, dan menyeretnya semakin ke dalam hutan. Salah seorang warga lain, Efrianto (28), selamat setelah lari ke luar hutan.

Kepala Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam Provinsi Jambi Didi Wurjanto mengatakan, Imam baru dapat ditemukan dalam kondisi tewas, Jumat siang, setelah belasan petugas BKSDA dan Kepolisian Resor Muaro Jambi dikerahkan untuk mencarinya. Kondisi tubuh Imam rusak berat akibat tercabik-cabik oleh cakar dan taring harimau.

"Ini peristiwa yang sangat jarang terjadi, harimau menyerang manusia sedemikian agresifnya. Kami memperkirakan harimau marah karena teritorialnya telah dirambah oleh warga," ujar Didi.

Menurut Didi, kawasan eks HPH RKI berjarak dekat dengan Taman Nasional Berbak. Diperkirakan masih ada sejumlah harimau memanfaatkan hutan ini sebagai area jelajahnya. Namun, harimau mulai terusik karena hutan tersebut ditebangi dan dijadikan ladang oleh manusia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.