Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stop Perusahaan yang Mengabaikan Lingkungan

Kompas.com - 18/01/2009, 19:39 WIB

SAMARINDA, MINGGU - Pemerintah akan menghentikan sementara produksi perusahaan pertambangan batu bara yang mengabaikan lingkungan. Penghentian dilakukan untuk meminimalisasi kehancuran lingkungan dan memperbaiki kinerja perusahaan.

Direktur Teknik dan Lingkungan/Kepala Pelaksana Inspeksi Tambang Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral Mangantar S Marpaung mengemukakan itu di Samarinda.

Menurut Marpaung, Departemen ESDM pernah menerbitkan surat penghentian sementara produksi bagi perusahaan yang nakal. Surat ditujukan kepada PT Nusantara Thermal Coal di Jambi akhir Oktober 2008 dan PT Lana Harit a Indonesia di Kalimantan Timur akhir November 2008.

"Hancur-hancuran banget ini tambang," kata Marpaung. Penghentian diberlakukan sampai perusahaan menutup semua lubang bekas penggalian atau pit yang berdampak negatif terhadap lingkungan dan warga sekitar .

Marpaung mengatakan, LHI harus menutup beberapa lubang yang potensi menimbulkan bencana amat tinggi. Setelah itu selesai, LHI boleh beroperasi sambil menutup lubang-lubang lainnya secepatnya. "Kami juga mempertimbangkan keekonomian daerah dan pekerj a misalnya sampai batas tertentu mereka tetap harus dibayar," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com