Calon Perseorangan Unggul Sementara di Garut

Kompas.com - 21/12/2008, 21:40 WIB
Editor

 

 

GARUT,MINGGU-Pasangan Aceng Fikri-Dicky Candra yang berasal dari jalur perseorangan sementara unggul atas kompetitornya pasangan Rudi Gunawan-Oim Abdurohim yang diusung oleh partai politik dalam pilkada Kabupaten Garut putaran kedua, Minggu (21/12).

Berdasarkan data pada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut Minggu (21/12) hingga pukul 19.30, pasangan Fikri-Dicky meraih 528.106 suara (56,5 persen) sementara Rudi-Oim yang diusung Partai Golkar dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memperoleh 406.134 (43,5 persen). Data tersebut baru 59,9 persen dari jumlah pemilih.

Pada pilkada putaran pertama lalu pasangan Rudi-Oim mendapat 237.454 (23,6 persen) suara dan Fikri-Dicky meraih 206.150 (20,6 persen).

Direktur Pemenangan pasangan Fikri-Dicky Feri Shakti, mengatakan, pasangan Fikri-Dicky gembira dengan hasil perolehan suara meskipun baru sementara. Feri juga optimististis perolehan suara pasangan dari jalur perseorangan itu akan tetap memimpin.

"Akan tetapi, hal ini tidak perlu ditanggapi dengan reaksi yang berlebihan. Karena bagi kami kekuasaan bukanlah prestasi. Tugas yang luar biasa berat menanti di depan. Inilah kemenangan hati nurani rakyat," kata Feri.

Sayangnya, hingga pukul 20.00 pasangan Rudi-Oim tidak ada yang bisa dimintai tanggapan. Ketua tim kampanye Rudi-Oim , Kokon Rudy pun tak dapat memberikan pernyataan.

Angka partisipasi

Ketua KPU Garut M Iqbal Santoso, khawatir pada pilkada putaran kedua ini angka partisipasi akan rendah. Pasalnya, dana sosialisasi sangat minim dan waktunya juga singkat. Apabila pada putaran pertama anggaran sosialisasi mencapai sekitar Rp 500 juta pada putaran kedua hanya sekitar Rp 100 juta.

Di samping itu, banyak warga Garut yang bekerja di luar kota. Mereka ini sudah sempat pulang kampung pada hari raya Idul Adha kemarin. Dalam waktu yang relatif singkat mereka cenderung lebih memilih bekerja di kota daripada pulang ke Garut untuk menggunakan hak suaranya.

"Tidak mudah juga untuk mengalihkan pilihan dari konstituen yang calonnya gagal masuk ke putaran pertama untuk mencoblos pada putaran kedua ini," kata Iqbal.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.