Logistik Pilkada Garut Siap Didistribusikan

Kompas.com - 16/12/2008, 20:00 WIB
Editor

GARUT, SELASA - Lima hari sebelum pemilihan kepala daerah kabupaten Garut putaran kedua dilaksanakan logistik pemilihan terutama surat suara sudah tiba di Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Garut, Selasa (16/12), dini hari. Surat suara pun siap didistribusikan ke berbagai daerah secepatnya.

"Alhamdulillah surat suara sudah tiba di gudang KPU Selasa (16/12) pukul 02.30. Seluruh logistik pilkada putaran kedua pun akan mulai didistribusikan ke kecamatan Selasa pagi," kata Ketua KPU Kabupaten Garut Iqbal Santoso, Selasa (16/12).

Distribusi logistik pemilihan untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang lokasinya dekat dengan kantor KPU sudah dilakukan sejak Selasa pagi. Sementara untuk PPK yang jaraknya jauh, terutama yang di wilayah selatan, distribusi surat suara ada yang baru dilaksanakan hari ini.

Akan tetapi, anggota KPU Kabupaten Garut, Aja Rowikarim justru mengkhawatirkan buruknya cuaca saat ini. Curah hujan yang tinggi bisa sangat merepotkan distribusi logistik ke daerah yang jauh dan medannya sulit dijangkau.

Pasalnya, sebagian besar daerah di wilayah selatan Kabupaten Garut termasuk daerah yang rawan bencana longsor. Sebagian besar daerah di selatan memiliki medan yang berat untuk ditempuh. Bahkan, longsor kerap memutus akses jalan ke satu daerah.

KPU akan terus memonitor perkembangan cuaca di semua daerah tujuan distribusi logistik. Apabila terjadi longsor yang memutus akses jalan raya maka petugas akan menyiapkan kendaraan di seberang daerah longsoran.

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pak enjeng Ade Manadin, mengatakan, jika terjadi longsor maka petugas di lapangan akan dikerahkan untuk menggotong logistik pilkada melintasi daerah yang tertutup longsor.

Selama ini Pakenjeng merupakan kecamatan yang termasuk rawan longsor. Saat ini pun hujan masih sering turun di kecamatan yang berada di wilayah selatan Garut itu.

Pilkada Garut putaran kedua ini diikuti oleh dua pasangan calon yang pada putaran pertama menempati posisi dua teratas dalam peraihan suara tapi belum mencapai 30 persen suara. Kedua pasangan itu ialah Rudi Gunawan-Oim Abdurohim yang diusung Partai Golkar dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Aceng Fikri-Dicky Candra yang berangkat dari jalur perseorangan.

Menurut Aja, sebanyak 1.583.659 pemilih akan menggunakan hak pilihnya pada pilkada putaran kedua 21 Desember 2008 nanti.

Sejak Senin (15/12) hingga besok Rabu (17/12) kedua pasangan diberi kesempatan berkampanye di Garut yang dibagi dalam dua zona, Garut utara dan Garut selatan. Garut selatan dimulai dari Kecamatan Cikajang sampai pesisir selatan sedangkan zona Garut utara dimulai dari Kecamatan Bayongbong hingga batas kabupaten di sebelah utara.

Masa tenang berlangsung mulai Kamis 18 Desember sampai Sabtu 20 Desember 2008. pemungutan suara dilakukan Minggu (21/12).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.