Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Pakai Kata Sandi Renagade

Kompas.com - 14/11/2008, 17:23 WIB

WASHINGTON,JUMAT--Kata sandi yang dipakai pasukan pengamanan presiden AS (Secret Service) untuk mengamankan presiden terpilih Barack Obama dan keluarganya diumumkan.

Obama dipanggil Renagade, sementara istrinya Michelle adalah Renaissance, dan kedua putrinya menggunakan kata sandi Rosebud dan Radiance.

Kata-kata sandi itu menggantikan Trailblazer untuk Presiden George W Bush dan Tempo bagi istri Bush, Laura, mulai 20 Januari saat Obama dilantik.

Nama-nama itu dipilih untuk memudahkan pengucapan dan koordinasi ketika para agen Secret Service menggunakan radio komunikasi.

Daftar nama dengan huruf R untuk keluarga Obama itu dirancang Agen Komunikasi Gedung Putih, cabang militer yang menaungi Gedung Putih dan Secret Service.

Sementara itu Wakil Presiden terpilih Joe Bide menggunakan kata sandi Celtic.

Juru Bicara Secret Service, Eric Zahren menegaskan kode nama itu tidak dirahasiakan karena itu bukan bagian dari rahasia pengamanan. "Tidak ada rahasia luar biasa tentang itu," kata Zahren kepada Associates Press, Kamis (13/11).

Selain mengamankan presiden dan wakil presiden, Secret Service juga mengamankan para kandidat presiden dan wakil presiden. Calon presiden partai Republik yang kalah, John McCain, juga memiliki kata sandi, yakni Phoenix, sedangkan istrinya, Cindy, adalah Parasol.

Wakil McCain, Sarah Palin menggunakan kata Denali, merujuk pada taman nasional di negara bagiannya Alaska, dan proyek pipa gas alam di sana. Suami Palin, Todd Palin yang merupakan pekerja perusahaan minyak bersandi Driller.

Kata-kata sandi presiden sebelumnya termasuk Passkey untuk Presiden Gerlad Ford, Rawhide untuk Presiden Ronald Reagan, Deacon bagi Presiden Jimmy Carter, dan Angler untuk Wakil Presoden Dick Cheney.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com