Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Cari Utang 550 Miliar AS

Kompas.com - 04/11/2008, 11:17 WIB

WASHINGTON, SENIN - Amerika Serikat mencari pinjaman hingga 550 miliar dollar AS dalam periode Oktober-Desember  untuk membantu menstabilkan sektor finansial yang terpukul krisis kredit global.
    
Pinjaman kuartal keempat diperkirakan secara substansial lebih tinggi dari 408 miliar dollar AS yang diumumkan pada Juli, dan merupakan rekor tertinggi untuk estimasi kuartalan.

"Peningkatan pinjaman terutama akibat tingginya pembayaran yang berhubungan program bantuan ekonomi, rendahnya penerimaan dan rendahnya penerbitan sekuritas oleh pemerintah lokal dan negara," kata Departemen Keuangan AS dalam sebuah pernyataannya, Senin (3/11) waktu setempat.

Depkeu mengatakan pemerintah federal telah meminjam 530 miliar dollar AS dari pasar dalam kuartal ketiga. Dari jumlah itu, 300 miliar dollar AS dipinjam untuk the Federal Reserve’s Supplementary Financing Program, yang diluncurkan pertengahan September dalam upaya mendorong ekonomi.

Pada Juli, Depkeu telah mengestimasi pinjaman kuartal ketiga sebesar 171 miliar dollar AS.
    
Eskalasi kekacauan finansial seluruh dunia pada September dan berkembangnya dampak negatif pada ekonomi AS mendorong otoritas AS  untuk mengambilalih tindakan yang bertujuan mendukung bank-bank dan mengalirkan kembali kredit yang membeku.

Dalam waktu yang sama, tekanan kredit mengurangi penerimaan pajak dari  kegiatan usaha dan rumah tangga, yang mengekang  belanja di tengah menghadapi meningkatnya angka pengangguran dan turunnya nilai rumah.

Sejak pertengahan September, pemerintah federal telah meminjam  600 miliar dollar AS untuk mendukung sumber penghasilan Fed.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com