Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelar Ruwatan, 60 Siswa Kesurupan

Kompas.com - 26/10/2008, 01:55 WIB

GORONTALO,SABTU-Sebanyak  60 orang siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Kabila, Kabupaten Bone Bolango, mengalami kesurupan, saat tengah  meruwat sekolah tersebut, dari gangguan mahluk halus, Sabtu (25/10).

Kesurupan tersebut, dengan cepat berjangkit dari kelas ke kelas,  saat siswa tengah menggelar acara dzikir dan tahlilan di masing-masing kelas, sekitar pukul 08.00 waktu setempat.

Yance, salah seorang guru setempat mengatakan, acara ruwatan tersebut  memang sengaja digelar pihak sekolah, untuk mengkondusifkan kembali suasana sekolah yang  sempat "mencekam" akibat peristiwa kesurupan yang dialami  puluhan siswa dan sejumlah guru setempat,   selama dua hari berturut-turut (21-22/10).

Ruwatan juga bertujuan agar, siswa di sekolah tersebut, dapat dengan tenang mengikuti ujian mid semester, yang tidak lama lagi akan digelar. "Kami memang sengaja mengadakan ruwatan ini, untuk mengamankan sekolah ini dari gangguan roh halus, terutama untuk faktor kenyamanan siswa menjelang ujian mid semester," kata dia.

Pihaknya menduga, peristiwa yang terjadi untuk yang ketiga kalinya, dalam waktu yang berdekatan itu, berawal dari setelah dibersihkannya sebuah sumur tua yang sudah lama tak difungsikan. Meski begitu, pihaknya memastikan, bahwa  ujian mid semester yang akan digelar pada Senin (27/10) itu, tetap akan terlaksana sesuai jadwal dan bisa diikuti oleh siswa setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com