Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Golput Pilkada Kaltim Bisa 50 Persen

Kompas.com - 24/10/2008, 13:51 WIB

SAMARINDA,JUMAT-Tingkat ketidakhadiran pemilih dalam pemungutan suara Pilkada Kaltim putaran kedua diperkirakan bisa 50 persen. Pemungutan suara berlangsung Kamis (23/10) kemarin.

''Dalam analisa kami golput mencapai 50 persen,'' kata Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Jeirry Sumampow di Samarinda, Jumat (24/10).

Analisa didasarkan pada pantauan terhadap 250 TPS di empat kota yaitu Balikpapan, Samarinda, Bontang, dan Tarakan. Pemantauan di sepuluh kabupaten lainnya tidak dilakukan. Pemilih tidak datang ke TPS diduga karena memang memilih tidak datang atau terkendala teknis.

Misalnya memilih tidak datang sebab figur pilihannya tidak ada atau kalah di putaran pertama. Ada juga yang tidak menerima undangan. Ada yang tidak terdaftar sebagai pemilih meski memiliki hak. Jumlah pemilih dalam putaran kedua ialah 2,301 juta.

Putaran kedua diikuti Awang Faroek Ishak-Farid Wadjdy dan Achmad Amins-Hadi Mulyadi. Dua pasangan lainnya tersingkir di putaran pertama yaitu Jusuf Serang Kasim-Luther Kombong dan Nusyirwan Ismail-Heru Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com