Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini Pilgub Kaltim Putaran II

Kompas.com - 23/10/2008, 03:23 WIB

BALIKPAPAN, KAMIS - Kamis (23/10) hari ini, pesta demokrasi Kaltim jilid II digelar. Sekitar 2,3 juta warga yang telah terdaftar sebagai pemilih pada Putaran II Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kaltim, akan berbondong-bondong mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS), untuk memberikan suara. Mereka kembali menentukan siapa yang akan menjadi Gubernur Kaltim perode 2008-20013.

Dua pasangan calon yang bertarung pada Putaran II ini adalah Awang Faroek Ishak-Farid Wadjdy (AFI) dan Achmad Amins-Hadi Mulyadi (AHAD). Menyambut pesta demokrasi hari ini, Pj Gubernur Kaltim Tarmizi Abdul Karim mengimbau seluruh pemilih di Kaltim

untuk menggunakan hak pilih politik masing-masing."Jangan sampai kita golput atau tidak menggunakan hal pilih itu, karena ini adalah momen kita untuk menentukan pemimpin Kaltim lima tahun ke depan. Tinggalkan rasa apatis atau tak mau tahu itu, mari kita semua berpartisipasi aktif menyukseskannya," kata Tarmizi, Pjs Gubernur Kaltim.

Imbauan tersebut dikemukakan menyusul kabar yang beredar bahwa akan banyak masyarakat yang memilih Golput pada putaran kedua kali ini.

Menurutnya, situasi politik di Kaltim hingga akan digelarnya pencoblosan hari ini sudah sangat kondusif. Namun akan lebih berarti lagi kondusif di Kaltim jika masyarakat ikut berpartisipasi menggunakan hak pilihnyat. Pasalnya, nasib dan perubahan Kaltim lima tahun ke depan berada di tangan masyarakat pemilih.

Sementara itu, Kapolda Kaltim Irjen Pol Andi Masmiyat kembali mengingatkan warga Kaltim untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama pencoblosan berlangsung.

Andi meminta kepada warga untuk menggunakan hak suara dengan tertib dan mendukung calon gubernur yang terpilih berdasarkan undang-undang yang berlaku. "Satu hal lagi yang penting, kalau terjadi gangguan keamanan di lingkungan sekitar tempat tinggal atau TPS, segera laporkan kepada petugas keamanan yang berjaga," kata Andi.

Hari ini Andi bersama dengan Panglima Kodam VI Tanjungpura dan jajaran Muspida Kaltim lainnya, akan meninjau langsung ke TPS di beberapa kota. Di antaranya Samarinda, Kutai Kertanegara (Kukar), Sangatta, Bontang dan Balikpapan. "Saya bersama Pangdam dan teman Muspida lainnya akan melihat langsung jalannya pemungutan suara. Semoga tertib dan lancar," ujarnya.

Untuk mengamankan Putaran II, Polda Kaltim bekerjasama dengan TNI, pemerintah dan organisasi masyarakat di Kaltim mengerahkan sekitar 5.000 personel. Meski begitu, Andi berharap agar Putaran II berjalan lancar, begitu juga dengan kedua pasangan calon untuk tetap memenuhi janjinya menerima keputusan KPUD.

"Mereka harus bisa buktikan omongan mereka untuk menerima keputusan siapapun yang menang," kata Andi. (bdu/aid/m21/m20/bud)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com