Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah yang "Gue Banget"

Kompas.com - 19/10/2008, 03:00 WIB

Ninuk Mardiana Pambudy

Tidak sulit mencari rumah Samuel Wattimena di Jalan Gandaria, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Bangunan itu mudah dikenali karena masih mempertahankan fungsi awalnya sebagai rumah tinggal.

Bangunan lain sudah berubah fungsi menjadi sekolah, galeri, rumah makan, toko material bangunan, tempat pijat refleksi, praktik bersama dokter, hingga deretan toko fotokopi.

Rumah perancang busana, pemilik agen model, dan pembina perajin tenun ini seperti mengingatkan pada suasana Kebayoran Baru yang masih nyaman hingga 20 tahun lalu, ketika peruntukan kawasan masih tertib mengikuti cetak biru saat kawasan satelit Jakarta itu dibangun.

Begitu kaki melangkah memasuki halaman depan yang ditutup lantai terakota, teras yang lebar dan lega langsung menyambut. Pohon pisang hias, kamboja, dan palem memberi rasa teduh di teras yang kental bernuansa rumah tradisional dengan kanopi yang menjorok ke luar, tiang-tiang jati tua menyangga kanopi teras, dan lantai keramik berwarna krem.

Suara kendaraan—dan terutama bajaj—yang memekakkan telinga agak teredam oleh tembok tinggi dan pepohonan di tepi pagar itu.

Teras depan itu jelas dimaksudkan sebagai tempat kumpul dan bersosialisasi. Di sisi kiri ada meja panjang kayu panjang berkursi enam, di tengah meja bulat marmer dengan kaki dari jati utuh berukir, serta di sebelah kanan meja oval menjadi antara kursi dipan besi berbantalan merah dan kursi-kursi tamu dari masa tahun 1960-an.

Nuansa etnis Jawa muncul pada pintu jati berukir menuju ke bagian dalam rumah, sementara sepasang pintu jati dengan kisi-kisi udara di bagian atas mengapit di kiri dan kanan.

Meski begitu, akan segera terlihat ini bukan rumah tradisional. Di atas meja panjang digantungi lampu metalik. Dinding yang diberi detail guratan itu dihiasi poster berbagai pertunjukan teater yang kostumnya didesain Samuel; poster Klik, agen model milik Samuel; dan poster kampanye pencegahan HIV AIDS. Suara Michael Buble yang melantunkan lagu-lagu bernada jazzy pun sayup-sayup menembus hingga ke teras.

”Gue banget”

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com