Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taipan Video Game Akan Berwisata ke Antariksa

Kompas.com - 10/10/2008, 16:29 WIB

BAIKONUR, KAMIS — Setelah meraup puluhan juta dollar AS dari menciptakan berbagai fantasi games, Richard Garriott memutuskan memenuhi impian masa kanak-kanaknya, terbang ke antariksa dengan sebuah pesawat antariksa Rusia.

"Saya telah bekerja selama beberapa dasawarsa untuk ini," kata Garriott di sebuah pangkalan antariksa era Sovyet di Kazakhstan yang penuh padang rumput serta debu, Kamis. Dari pangkalan antariksa ini Garriott, Minggu (12/10), akan diluncurkan dengan roket Soyuz menuju Stasiun Antariksa Internasional (ISS).

Tak seperti lima turis antariksa yang pergi sebelumnya, Garriott menganggap antariksa sebagai kebanggan keluarga. Pasalnya, dia putra astronot AS, Owen Garriott, yang pada 1973 tinggal selama dua bulan di Skylab, stasiun antariksa pertama yang mengorbit.

"Saya dibesarkan dalam keluarga astronot dan saya selalu ingin melakukan apa yang telah ayah perbuat," kata Garriott, pria berusia 47 tahun dengan kepala botak dan janggut seperti kambing.

Garriott dilahirkan di Cambridge, Inggris, dan besar di Houston, Texas. Garrott muda adalah pencipta game untuk hiburan sehingga dijuluki sebagai Lord British oleh teman-teman sekelasnya akibat aksen Inggrisnya yang kental.

Pada dekade 1980-an, "Lord British" menjadi nama penguasa dunia fantasi alternatif yang diciptakannya untuk Ultima. Serial ciptaannya menjadi games laris dan kemudian dikembangkan dalam versi internet yang disebut Ultima Online. Keberhasilannya ini mengukuhkan reputasi Garriott sebagai perancang game rintisan dan mengantarkan dirinya sebagai milyarder.

Selama 10 hari menghuni ISS, ia telah merencanakan akan melakukan beberapa percobaan atas berbagai topik, antara lain efek perjalanan antariksa pada sistem kekebalan dan karakteristik tidur para astronot.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com