Lampung Panas dan Terik, Pemudik Diminta Hati-hati

Kompas.com - 26/09/2008, 19:55 WIB
Editor

BANDAR LAMPUNG, JUMAT - Badan Meteorologi dan Geofisika Radin Intan Lampung memprediksi cuaca panas terik akan terjadi di Lampung dalam dua hingga tiga hari ke depan. Pemudik dengan sepeda motor diminta untuk mewaspadai cuaca panas untuk menghindari keletihan.

Kepala Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Radin Intan Lampung, Bambang Nova Setianto, Jumat (26/9) mengatakan, sejak Minggu (21/9) terjadi kenaikan suhu udara di wilayah Lampung rata-rata dua derajat Celcius, dari 32 derajat Celcius menjadi 34 derajat Celcius.

Menurut Bambang, kenaikan suhu udara terjadi sebagai dampak munculnya tropika siklun di sekitar perairan Jepang dan di utara Filipina. Siklun tersebut menarik massa udara dari wilayah Indonesia.

"Massa udara yang tertarik tersebut termasuk di dalamnya titik-titik air. Yang tertinggal di wilayah kita hanyalah panas," ujar Bambang.

Selain itu, selama tropika siklun terjadi, di wilayah Lampung juga tidak berhembus angin. Angin yang muncul hanya sepoi-sepoi. Hal itu menyebabkan selama lima hari terakhir ini di wilayah Lampung terus terjadi cuaca yang panas.

Namun demikian, menurut Bambang, cuaca panas tersebut tidak hanya dirasakan masyarakat Lampung. Cuaca panas hingga 35-36 derajat Celcius bahkan terjadi di pantura Jawa.

Siklon tropis tersebut diperkirakan akan berlangsung hingga dua hingga tiga hari ke depan. Bahkan suhu udara di wilayah Lampung diperkirakan akan mencapai 35 derajat Celcius. Cuaca panas tersebut, lanjut Bambang, akan berpengaruh pada pemudik. Cuaca panas dan terik di Lampung akan membuat pengendara sepeda motor cepat lelah.

Untuk itu, BMG Radin Intan menghimbau para pemudik yang menggunakan sepeda motor untuk lebih sering beristirahat. Istirahat bisa dilakukan di pos-pos yang sudah disiapkan Dinas Perhubungan Lampung dan Polda Lampung di sepanjang jalur mudik.

Apalagi, Dinas Perhubungan Lampung memprediksi jumlah pemudik dengan sepeda motor yang akan melalui Lampung pada Lebaran 2008 diperkirakan naik 17 persen. Pada Lebaran 2007, pemudik bersepeda motor yang melewati Lampung sebanyak 37.659 unit.

Sementara itu, bagi pemudik yang menggunakan angkutan kendaraan roda empat juga dihimbau untuk tidak berdesak-desakan. Apabila para pemudik naik bus antar kota antar provinsi (AKAP) ataupun antar kota dalam provinsi (AKDP) diharapkan untuk tidak terlalu penuh memenuhi bus.

"Cuaca panas akan menyebabkan orang menjadi temperamental. Mereka harus menyadari sejak dini," ujar Bambang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.