Rusli Zainal-Mambang Mit Sementara Unggul

Kompas.com - 22/09/2008, 19:53 WIB
Editor

PEKANBARU, SENIN- Hasil penghitungan cepat (quick count) sejumlah lembaga survei menangkan pasangan Rusli Zainal-Mambang Mit (RZ-MM) unggul sementara dalam Pemilihan Kepala Daerah Riau yang digelar hari Senin (22/9) ini. Pasangan RZ-MM memperoleh suara lebih dari 50 persen.

Berdasarkan penghitungan dari Lingkaran Survei Indonesia (LSI) bersama Jaringan Isu Publik (JIP) hingga pukul 17.00 WIB, RZ-MM yang diusung Partai Golkar, PKB kubu Muhaimin Iskandar, PPP dan PBRunggul jauh dari dua pesaing lainnya dengan perolehan suara 56,85 persen. 

Pasangan Chaidir-Suryadi Khusaini (CS) yang diusung PDI-P, PBB dan PKNU memperoleh 22,18 persen. Sedangkan pasangan Raja Thamsir Rahman (mantan bupati Indragiri Hulu)-Taufan Andoso Yakin yang diusung Partai Demokrat, PAN, PDK, PDS, Partai Buruh dan 10 partai nonparlemen memperoleh 20,97 persen.

Data sampel yang masuk mencapai 96,5 persen, terdiri dari 85.793 pemilih di 386 TPS, dengan "sampling error" sekitar satu persen. 

Hasil kurang lebih sama ditunjukkan penghitungan cepat dari Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang menyatakan RZ-MM unggul dengan perolehan suara 55,96 persen hingga pukul 19.00 WIB. Pasangan Chaidir-Suryadi Khusaini (CS) memperoleh 22,77 persen, dan pasangan Raja Thamsir Rahman-Taufan Andoso Yakin memperoleh 21,27 persen.  

Data sampel yang masuk mencapai 89,25 persen (79.333 pemilih)  dengan sampling error sekitar 0,1 sampai lima persen. 

Direktur Riset Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Eka Kusmayadi, mengatakan, penghitungan dilakukan dengan memegang prinsip independen dan kredibilitas. Dana yang digunakan untuk melakukan hitung cepat itu murni swadaya tanpa ada bantuan dari pasangan calon gubernur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kita tidak memungkiri ada motode survei lainnya yang dibiayai pasangan calon, tapi untuk Pilkada, murni tidak bantuan dari pihak lain. Istilahnya menggunakan dana corporate social responsibility," ujarnya.

Meski begitu, ia mengatakan, hasil resmi berada di tangan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau sebagai penyelenggara Pilkada. Dijadwalkan hasil perhitungan suara akan diumumkan KPU setelah melakukan rapat pleno pada 3 Oktober.

Golput 30 persen

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.