229 Warga Barabai Kehilangan Rumah

Kompas.com - 21/09/2008, 01:45 WIB
Editor

 

 

 

Balikpapan, Kompas - Sebanyak 229 warga Kota Barabai, ibu kota Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, kehilangan tempat tinggal. Sebanyak 68 rumah di RT 4 dan RT 7, Kelurahan Barabai Barat, Kecamatan Barabai, terbakar habis, Sabtu (20/9) pukul 13.30.

Kebakaran hebat di daerah yang berjarak 150 kilometer utara Banjarmasin itu merupakan musibah terbesar kedua setelah kebakaran di Pasar Ampera di Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalsel, Selasa lalu. Saat itu 50 toko, puluhan rumah dan musala di RT 3 dan RT 4 di Desa Tukaran Pangeran hangus terbakar. Tidak ada korban jiwa, tetapi kerugian diperkirakan mencapai miliaran rupiah.

Camat Barabai Mahyuni ketika dihubungi dari Balikpapan, mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, tetapi kerugian yang diderita warga diperkirakan mencapai miliaran rupiah. ”Pendataan kerugian sedang dilakukan oleh para ketua RT,” katanya.

Lurah Barabai Barat Muslih menuturkan, kebakaran berasal dari sebuah rumah yang ditinggal penghuninya. Pemilik rumah sedang berjualan di toko yang tidak jauh dari rumah itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kebakaran langsung meluas karena permukiman di dua RT tersebut sangat padat dan sebagian rumah berbahan kayu. Apalagi, saat kebakaran cuaca di Barabai cukup panas.

Amukan api baru bisa dipadamkan sekitar 1,5 jam kemudian. Sejumlah petugas dan kendaraan pemadam kebakaran dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Hulu Sungai Utara ikut membantu memadamkan api. Untuk mencegah meluasnya kebakaran tersebut, sekitar delapan rumah warga terpaksa dirobohkan.

”Saat ini telah dibangun posko dan dapur umum untuk keperluan makan beberapa hari mendatang bagi korban kebakaran. Untuk sementara para korban kebakaran mengungsi ke rumah keluarga yang ada di daerah tersebut,” ujar Muslih. (FUL)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.