Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Para Waria Mencari Tuhan...

Kompas.com - 17/09/2008, 06:23 WIB

MUNGKIN ini pertama kali di Tanah Air, ada "pesantren" khusus waria. Jumlah jamaahnya memang belum banyak, namun mereka terlihat amat serius mendalami agama. Kerinduan pada Tuhan, rata-ta menjadi alasan utama mereka bergabung di situ.  

Ayat-ayat suci merdu bergema dilantunkan seorang ustaz, diikuti sekitar 20-an jamaah. Para jamaah itu ada yang mengenakan sarung, ada pula yang memakai mukena. Mereka bersama-sama mengagungkan asma Allah di bulan Ramadhan ini. Ketika azan magrib bergema, mereka sesaat makan-minuman ringan untuk berbuka puasa lalu dilanjutkan dengan salat Magrib bersama.

Malam itu, kegiatan bernapaskan keagamaan terus bergulir di rumah yang berlokasi di Kampung Notoyudan, Gedong Tengen, Yogyakarta. Para jemaah menimba ilmu agama dari para ustaz. Sebagian menginap untuk melanjutkan pelajaran. Aktivitas terus berlanjut, mulai dari berzikir, lalu salat tahajut setelah sejenak tidur. Menjelang salat Subuh, mereka juga terus belajar doa-doa.

Yang membedakan dengan pengajian lain, pesertanya bukan pria ataupun wanita, melainkan waria. Mereka bergabung dalam Pondok Pesantren Senin-Kamis, khusus waria. “Meski waria, kami tetap ingin dekat dengan Allah. Teman-teman waria di sini rindu menyapa Allah,” ujar Mariyani (48), sang pendiri sambil menyebut nama-nama rekannya yang sebagian berasal dari luar kota.

Ada Lili dari Jakarta, Tutik dan Ari dari Padang dan Batusangkar (Sumbar), atau Yessy dari  Medan. “Sungguh kawan-kawan itu juga ingin beribadah seperti layaknya kaum muslim,” kata Mariyani yang jujur mengaku dirinya waria.

Diajak ke makam

Dikisahkan Mariyani, kerinduannya pada Allah sudah terjadi 10 tahun silam. Waktu itu ia bergabung dengan kelompok pengajian Mujahadah Al Fatah asuhan KH Hamroeli Harun MSc. “Dari sekian banyak jemaah Pak Kiai, hanya saya yang waria. Meski begitu, Pak Kiai berkenan merangkul dan membimbing saya. Bahagia sekali saya bisa belajar agama dari beliau. Saya bisa bersujud di hadapan Allah,” kata Mariyani dengan wajah berbinar.

Mariyani yang pernah tiga tahun jadi Ketua Waria Yogyakarta ini semakin aktif dalam kegiatan religius.  Saat gempa melanda Yogya, ia mengajak para waria se-DIY mengadakan doa bersama.  “Bencana, kan, datang dari Allah. Makanya kita semua harus ingat Allah. Nah, kami sekitar seratusan waria, berdoa mohon diberi ampunan. Selain dari Yogya, banyak kawan waria dari luar kota datang,” kisahnya.

Sampai akhirnya dua tahun silam, waria yang membuka salon ini mengadakan pengajian khusus waria tiap Rabu Pon. Beberapa waria tertarik bergabung. Bahkan,  ibu-ibu di lingkungan rumah kontrakannya juga terlibat. “Senang sekali ada kiai yang merangkul kami. Teman-teman waria diajari salat, mengaji, juga bacaan doa sehari-hari. Yang lebih membahagiakan, kegiatan saya mendapat dukungan masyarakat.”

Langkah cerdas dilakukan Mariyani untuk menyentuh hati rekan-rekannya. “Saya ajak kawan-kawan berziarah ke makam waria yang sudah meninggal. Ada yang meninggal terserempet kereta waktu bekerja, ada yang sakit, dan seterusnya. Rata-rata tak pernah didoakan keluarganya. Nah, saat di makam, kawan-kawan jadi paham, suatu saat pasti  akan bernasib seperti mereka. Tak sedikit kawan-kawan yang menitikkan airmata. Muncul kesadaran untuk dekat dengan Allah. Pelan-pelan ada yang bergabung dengan pengajian saya,” kata Mariyani.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com