Minyak Cemari Sungai dan Lahan di Tanah Datar

Kompas.com - 14/09/2008, 18:51 WIB
Editor

SAMARINDA, MINGGU -  Minyak mencemari sungai dan lahan warga Desa Tanah Datar, Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Minyak meluap dari kolam penampungan limbah perusahaan tambang batu bara PT Lana Harita Indonesia. "Air Sungai Tanah Datar tidak bisa kami pakai lagi," kata Dominikus, seorang warga Desa Tanah Datar, Minggu (14/9).

Kalangan warga lalu memakai air dari sumur hasil pemboran sendiri yang tidak tercemar minyak. "Pencemaran akan kami atasi," kata Manajer Keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup PT Lana Harita Indonesia (LHI) Medan Rantetanu.

Medan mengatakan, perusahaan akan menyemprot minyak agar tidak lengket lagi pada tanaman dan rumput sekaligus menghilangkan bau, membersihkan sungai agar airnya bisa dipakai lagi, menyediakan air bersih untuk warga, dan membayar ganti rugi tanaman budidaya warga yang rusak.

Menurut Medan, minyak keluar dari lubang penggalian batu bara atau pit nomor 59 sejak Kamis (21/8) lalu. Dari lubang sedalam 100 meter itu, minyak disedot dan ditaruh di kolam limbah di antara jalan dan Sungai Tanah Datar. Karena hujan, isi kolam penuh, keluar ke sungai, dan mencemari lahan yang ada di sekitarnya.

Medan mengatakan, lahan konsesi tambang diduga mengandung minyak bumi yang belum dieksploitasi. Beberapa kali perusahaan menemukan minyak keluar saat pengambilan batu bara tetapi tidak sampai mencemari .

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.