PLN Jamin Industri yang Beroperasi Tidak Terkena Pemadaman

Kompas.com - 05/09/2008, 01:04 WIB
Editor

SEMARANG, JUMAT - Perusahaan Listrik Negara (PLN) Distribusi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta menjamin industri yang sedang beroperasi dalam bulan Ramadhan ini karena mengejar target produksi tidak akan terkena pemadaman.

Demikain disampaikan Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PT PLN Distribusi Jateng dan DIY Sri Nugroho Adywibowo, di Kota Semarang, Kamis (4/9). Pemadaman hanya akan dilakukan bagi perusahaan yang mencana ngkan libur bersama atau yang tidak beroperasi, ujar Nugroho.

Namun, lanjut Nugroho, tidak adanya pemadaman bagi perusahaan yang beroperasi dapat terus berlangsung apabila tidak terjadi penurunan daya lagi dari pembangkit listrik di sistem jaringan Jawa-Bali.

Hingga kini, Nugroho meyakinkan, cadangan listrik yang dimiliki PT PLN dalam kondisi siaga namun belum memerlukan pengurangan beban. Artinya, walaupun terus ada fluktuasi penyimpanan cadangan, namun PT PLN masih mengusahakan menyimpan cadangan listr ik di atas 600 Megawatt.

Kendati demikian, Nugroho mengakui, masih terjadi penurunan daya di sistem jaringan Jawa-Bali. Sebagai gambaran, Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Cilacap Unit I dan II yang dalam keadaan normal menghasilkan daya 300 Megawatt te rnyata hanya mampu menghasikan 185 Megawatt dan 280 Megawatt.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.