Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisatawan, Ada Bus Antar-Jemput Gratis di Denpasar

Kompas.com - 01/09/2008, 08:19 WIB
DENPASAR, SENIN - Untuk menghidupkan lagi pariwisata kota yang semakin meredup, Pemerintah Kota Denpasar mengoperasikan bus antar-jemput gratis dari kawasan Sanur ke sejumlah obyek wisata di Denpasar. Agen pariwisata dilibatkan dalam program tersebut.

Uji coba pengoperasian bus antar-jemput itu sudah dilakukan awal Agustus lalu bersamaan dengan digelarnya festival pariwisata Sanur, Sanur Village Festival 2008. Namun, program itu kurang sosialisasi sehingga belum direspons wisatawan yang tengah berlibur di kawasan Sanur.

”Namun, dari sejumlah wisatawan yang sempat ikut menikmati fasilitas ini, mereka mengaku puas. Kami sudah jajaki dengan pengelola obyek wisata yang ada di Kota Denpasar, seperti Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Museum Bali, dan Taman Budaya. Mereka menyambut dengan sangat antusias program ini,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar Putu Budiasa di Denpasar, Sabtu (30/8).

Secara teknis, operasional bus antar-jemput bergerak dari kawasan wisata Sanur menuju pusat kota. Setiap tempat yang telah ditentukan bus akan berhenti selama lima menit untuk menurunkan dan menaikkan penumpang. Jalur yang dirancang antara lain Banjar Semawang, Sanur, dengan menyusuri rute sejumlah hotel di Sanur, seperti Bali Hyatt, Hotel Griya Santrian, Restaurant Pergola, Grand Bali Beach, menuju Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Matahari Department Store, Puputan Badung, Taman Budaya, dan kembali ke Sanur.

Budiasa mengakui, pariwisata Kota Denpasar dalam beberapa tahun ini ”kalah” dengan wisata pantai di Kuta dan Nusa Dua, Badung, serta Ubud, Gianyar. Padahal, dari sisi aset, Kota Denpasar tak kalah dari dua kabupaten itu maupun kabupaten lain di Bali.

”Program ini diharapkan dapat menjadi semacam revitalisasi pariwisata Denpasar,” ujar Budiasa.

”Kegiatan Asian Beach Games Oktober mendatang menjadi salah satu momentum sosialisasi program ini. Kami akan mendayagunakan agen-agen perjalanan wisata di Denpasar,” kata Humas Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar Erwin Suryadharma menambahkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com