Dua Juta Perempuan Indonesia Aborsi Tiap Tahun

Kompas.com - 28/08/2008, 21:37 WIB
Editor

JAKARTA, KAMIS - Berdasar data organisasi kesehatan dunia WHO pada 1998, sekitar dua juta perempuan di Indonesia melakukan aborsi setiap tahunnya. Jumlah aborsi tersebut adalah yang terbesar atau lebih dari 70 persen dari semua kasus di Asia Tenggara tiap tahunnya. Hal itu dikatakan Direktur Yayasan Kalyana Mitra Debra H Yatim dalam seminar Aborsi: Menagih Tanggungjawab Negara, Jakarta, Kamis (28/8).

"Banyak perempuan yang melakukan aborsi tidak aman karena tak dilakukan tenaga medis yang terlatih dan fasilitas yang tak memadai. Aborsi tak aman tersebut menyumbang 11-17 persen tingginya Angka Kematian Ibu (AKI) bahkan mencapai 50 persen," tuturnya.

Debra menjelaskan Depkes RI memperkirakan kontribusi aborsi tidak aman sebesar 30-50 persen dari kematian ibu di Indonesia. "Fakta ini sungguh memprihatinkan dan negara masih memandang persoalan aborsi dari aspek moralitas dan agama yang sempit, ini salah kaprah yang harus diluruskan," ujarnya.

Ia menegaskan upaya preventif yakni memasukkan masalah kesehatan seksual dalam kurikulum pendidikan serta memberi layanan konseling. Selain itu, memberi informasi dan edukasi pada masyarakat mengenai kesehatan reproduksi dan aborsi yang aman juga harus diupayakan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X