Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sel Lemak Pada Orang Kegemukan Kelihatan Sakit

Kompas.com - 28/08/2008, 17:31 WIB

SEL-SEL lemak pada mereka yang kegemukan ternyata tampak tidak sehat alias sakit dibanding dengan sel-sel lemak milik orang yang langsing. Demikian sebuah penelitian membuktikan.

Terbit pada Bulan September penelitian yang dilakukan sekelompok ilmuwan dari Fakultas Kedokteran Universitas Temple menganalisa contoh lemak dari paha atas enam orang yang langsing dan enam orang yang kegemukan.

Mereka menemukan perbedaan yang signifikan di antara sel-sel lemak itu. "Sel-sel lemak yang kami temukan pada orang kegemukan mengalami defisiensi di beberapa area," jelas Guenther Boden, salah satu peneliti dalam pres release.

Boden mengatakan bahwa sel-sel lemak mereka yang kegemukan menunjukkan kondisi stres pada bagian endoplasmic reticulum (ER) yang menolong sel-sel mensintesa protein dan memonitor kerjanya. Saat ER stres, mereka memroduksi beberapa protein yang pada akhirnya membuat insulin menjadi resisten.

Resistensi insulin ini merupakan kondisi yang kerap terjadi pada mereka yang mengalami kegemukan, berujung pada munculnya diabetes melitus. Perbedaan sel-sel lemak antara yang kegemukan dengan yang langsing menolong untuk memahami kaitan antara kegemukan atau obesitas dengan meningginya risiko diabetes, serangan jantung koroner dan stroke, ujar Boden.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com