Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anwar Resmi Menjadi Anggota Parlemen Malaysia

Kompas.com - 28/08/2008, 11:38 WIB

KUALA LUMPUR, KAMIS — Tinggal selangkah lagi pemimpin oposisi Malaysia, Anwar Ibrahim, menggulingkan pemerintahan PM Abdullah Ahmad Badawi setelah ia diambil sumpahnya sebagai anggota parlemen.

Anwar—berbusana tradisional Melayu warna biru tua, celana panjang, dan kopiah— diambil sumpah dalam sebuah upacara sederhana di ruang sidang utama Parlemen Malaysia. Upacara itu diiringi gebrakan meja oleh para anggota oposisi. Anwar juga secara formal dinyatakan sebagai pemimpin koalisi tiga partai oposisi setelah upacara itu. PM Badawi, Deputi PM Najib Razak, dan sebagian besar menteri kabinet tidak hadir dalam upacara itu.
       
"Saya senang bisa kembali setelah satu dekade. Saya sungguh-sungguh merasa bisa bertahan. Saya baik-baik saja," kata Anwar, yang dipaksa keluar dari parlemen atas tuduhan sodomi pada 1999.

Anwar (61) menang dalam pemilu sela untuk memperebutkan kursi kosong di negara bagian Penang yang ditinggalkan sang istri, Wan Azizah Wan Ismail, Selasa (26/8). "Ini tsunami politik kedua. Pemerintah adalah Titanic yang akan tenggelam," kata Lim Kit Siang, tokoh Partai Aksi Demokratik, salah satu anggota koalisi.       

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com