Umulalilah, "Wanita Perkasa" dari Gresik

Kompas.com - 26/08/2008, 20:44 WIB
Editor

SIDOARJO, SELASA- Umulalilah (34), nasabah Bank Mandiri Krian, warga Desa Pasiran, Kecamatan Wringinanom, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Selasa (26/8), berhasil menggagalkan perampoak atyas dirinya. Bahkan karena tekad keberaniannya, salah satu perampok ditembak dan dihajar massa.

Percobaan perampokan itu terjadi di depan SMPN III, Desa Sidorejo, Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo, saat Umulalilah pulang dari mengambil uang tunai Rp 14 juta dari Bank Mandiri Krian dengan mengendarai motor sendirian.  Sampai di Kantor Perumahan Graha Permata Jalan Sidorejo, Krian, ia berhenti untuk membayar utang. 

Begitu parkir, tiba-tiba datang dua motor yang masing-masing berboncengan. Salah satu pelaku menarik tas yang dibawa Umulalilah, tetapi wanita ini tak mau menyerah. Tarik-tarikan tas pun terjadi.

Salah satu pelaku kemudian mengeluarkan gobang, semacam arit besar,  untuk memutus tali tas. Tali memang akhirnya putus, tetapi Umulalilah tetap mempertahankan tasnya yang berisi uang itu dengan cara mendekapnya di dada.

Tiba-tiba pelaku membacokkan gobangnya ke arah Umulalilah, sehingga ia menjerit minta tolong. Warga sekitar yang mendengar teriakan korban, berlari menuju lokasi.

Melihat banyak warga, empat pelaku kabur tanpa hasil rampasan. Satu dari pelaku yang dibonceng, kabur ke kampung hingga diburu warga dan tertangkap, kemudian dikeroyok massa. Ia adalah Mustopo (45), asal Desa Pancuran, Kecamatan Poncokusumo, Malang.

Kepala Kepolisian Sektor Krian Ajun Komisaris Kadarisman menyatakan, anakbuahnya yang kebetulan melintas di lokasi sempat menembak salah satu pelaku setelah sebelumnya melepaskan tembakan peringatan. Akan tetapi hingga saat ini tidak diketahui keberadaan pelaku yang luka tembak itu.

Bagaimana dengan Umulalilah? Ternyata bacokan pelaku tak menegnai sasaran. Hanya kerudung bagian belakang kepala Umulalilah robek.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.