Satu Kursi DPRD Kaltim Diperebutkan 22 Orang

Kompas.com - 25/08/2008, 15:34 WIB
Editor

Laporan Wartawan Kompas Ambrosius Harto

SAMARINDA, SENIN - Sebanyak 1.216 orang dari 38 partai politik mendaftar sebagai calon anggota legislatif atau DPRD Kalimantan Timur 2009-2014. Mereka akan bertarung di enam daerah pemilihan demi memperebutkan 55 kursi DPRD. Artinya, tiap kursi diperebutkan oleh 22 orang.

Namun, itu dengan syarat semua pendaftar lolos verifikasi administrasi 15 Agustus hingga 7 September ini. "Jumlah pendaftar akan berkurang," kata Kepala Bagian Program dan Teknis Penyelenggara KPU Kaltim Gaffar Hidayat di Samarinda, Senin (25/8).

Sebagian di antara 1.216 akan tereliminasi sebab persoalan ijazah atau masalah internal partai. Untuk yang terakhir, ada dua kubu kepengurusan dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Penegak Demokrasi Indonesia (PPDI) yang mendaftarkan calegnya.

Untuk PPDI, kepengurusan Ketua Umum Endung Sutrisno dan Sekretaris Jenderal Joes Prananto yang diakui sesuai Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia bertanggal 7 Agustus 2008. "Pendaftar yang tidak mengatasnamakan kepengurusan yang diakui akan gugur," kata Gaffar, anggota panitia pendaftaran caleg.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.