Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayi 'Hidup Kembali' Akhirnya Meninggal

Kompas.com - 23/08/2008, 08:53 WIB

TEL AVIV, SABTU — Bayi prematur yang menggegerkan Israel karena hidup kembali setelah dinyatakan meninggal akhirnya benar-benar tiada.

Dilaporkan bahwa bayi perempuan tersebut benar-benar meninggal pada Selasa pagi di rumah sakit yang sama dengan tempat dia dilahirkan.

Bayi 610 gram itu lahir pada hari Senin dan baru berusia lima bulan di kandungan. Dokter kandungan yang membantu kelahiran menyebutkan bahwa bayi itu lahir mati karena tidak ada denyut nadi.

Para staf di rumah sakit di Nahariya, daerah di sekitar perbatasan Israel-Lebanon, kemudian menempatkan jenazah bayi itu ke lemari pendingin di kamar mayat.

Lebih dari lima jam kemudian, keluarga bayi tersebut datang dan membawa jenazah bayi itu untuk dimakamkan, tapi mereka melihat bayi itu bergerak-gerak.

Jari bayi itu memegang jari neneknya. Kedua orangtuanya lalu minta pihak rumah sakit memeriksa kembali dan mereka kaget dengan fakta baru itu. Para dokter bergegas membawa pasien kecil itu ke unit perawatan intensif.

Sang ayah bayi, Ali Majdub, menyebut para dokter sembrono karena tergesa-gesa menyatakan anaknya meninggal, sedangkan Wakil Direktur Rumah Sakit Dr Moshe Daniel menyebut peristiwa pada hari Senin tersebut sebagai "keajaiban".

Seorang dokter kandungan senior di rumah sakit Tel Aviv menyebut kemungkinan bahwa hawa dingin di kamar pendingin itu telah memperlambat metabolisme sehingga bayi itu dapat bertahan.

Namun, para ahli pada hari Senin menyatakan bahwa kemungkinan bayi itu selamat kurang dari 1:5. Bayi perempuan itu akhirnya meninggal Selasa pagi pukul 05.15.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com