Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Lanting Dijadikan Objek Wisata

Kompas.com - 23/08/2008, 02:34 WIB

BANJARMASIN, KAMIS--Keberadaan rumah lanting atau tempat tinggal terbuat dari rakit kayu di atas sungai yang mulai berkurang jumlahnya di Banjarmasin berusaha untuk dipertahankan sebagai objek wisata.

Beberapa rumah lanting yang masih bertahan ditepian sungai Martapura dan sungai Barito wilayah Kota  Banjarmasin akan ditata agar lebih memiliki daya tarik, kata Kadis  Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin, Hesly Junianto,SH, Kamis.

Dipertahankan rumah lanting  berupa bangunan dari kayu mengapung diatas sungai itu merupakan usulan dari berbagai pihak termasuk untuk keunikan dan keanekaragaman objek wisata di ibukota Provinsi Kalsel itu.

Rumah lanting tidak pernah terkena banjir atau tenggelam karena pondasi terbuat dari bahan rakit kayu bulat atau log dan bisa juga bambu yang berlapis-lapis atau dibuatkan rakit batang kayu besar.

Rumah penduduk yang kini banyak berjejer di pinggiran sungai tersebut selalu terlihat bergerak-gerak terkena gelombang kapal yang lewat.

Menurut Hesly rumah lanting tersebut tersebut kalau ditata dengan rapi maka akan memiliki keunikan tersendiri bila dikaitkan dengan kepariwisataan.

Bahkan menurut Hesly ada usulan dari kalangan wisatawan sendiri agar dibuatkan rumah lanting itu secara refresentatif, kalau perlu dibuatkan rumah lanting yang bisa dijadikan untuk menginap wisatawan.

Karena wisatawan yang mengusulkan tersebut ingin sekali merasakan bagaimana enaknya tinggal di rumah lanting, saat tiduran dengan rumah yang selalu bergoyang-goyang terkena arus sungai atau gelombang air.

Menurut Hesly, memang ada rencana Pemko membuatkan rumah lanting itu sementara ini untuk warung souvenir (barang cenderamata) hanya saja lokasi yang tepat belum bisa ditentukan, karena warung terapung kuliner tersebut harus mudah dijangkau dari berbagai sudut kota, dan mudah dijangkau baik melalui jalur sungai maupun jalur darat.

Dalam kaitan mempertahankan rumah lanting  itupula Pemko Banjarmasin sudah mengajukan permohonan kepada Departemen Kepariwisataan di jakarta agar menyetujui pembangunan rumah lanting yang bisa dijadikan hotel.

Kalau pembangunan rumah lanting yang bisa dijadikan hotel itu terwujud maka akan menjadi ikon kepariwisataan Kalsel, apalagi Banjarmasin ini terkenal dengan pasar terapungnya. "Bisa jadi lokasi rumah lanting untuk penginapan wisatawan tersebut berdekatan dengan pasar terapung tersebut," katanya.(ANT)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com