Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lampung Post Luncurkan Buku 100 Tokoh

Kompas.com - 19/08/2008, 20:19 WIB

BANDAR LAMPUNG, SELASA - Untuk merayakan hari ulang tahun ke34 serta memperingati 100 Tahun Kebangkitan Nasional, Harian Umum Lampung Post meluncurkan buku 100 Tokoh Terkemuka Lampung. Buku tersebut akan diluncurkan pada Rabu (20/8) di Lampung pukul 19.30.

Ketua Tim Penulis Buku 100 Tokoh Terkemuka Lampung, Heri Wardoyo, dalam siaran pers yang diterima Selasa (19/8) menyebutkan, sebelum menjadi sebuah buku dalam edisi luks, 100 tokoh terkemuka Lampung itu telah diterbitkan dalam edisi koran di harian itu pada 29 Mei 2008.

Ke-100 tokoh terkemuka tersebut merupakan hasil penjaringan dan penyaringan tim Harian Umum Lampung Post dan tim independen yang terdiri atas Dekan FKIP Universitas Lampung Prof Dr Sudjarwo MS dan dua wartawan senior Lampung Oyos Saroso dan Firman Seponada .

Tim memilih 100 tokoh tersebut dengan parameter antara lain, lahir dan besar di Lampung, mempunyai reputasi nasional dan internasional, memberi inspirasi, mempunyai pengaruh di masyarakat, dan dikenal luas.

Menurut Heri, setelah terbit dalam bentuk edisi harian, Lampung Post kemudian merencanakan mengabadikan 100 tokoh terkemuka Lampung tersebut dalam bentuk buku. Rencana itu mendorong redaksi Lampung Post dan tim independen bekerja keras. "Kami bekerja keras menyempurnakan ketokohan maupun penulisan tentang tokoh yang telah lolos seleksi," ujar Heri .

Karya buku itu diharapkan dapat bermanfaat untuk mendokumentasikan jejak para tokoh, dan memberitahukan kepada publik, khususnya masyarakat Lampung, bahwa ada referensi terdekat yang bisa diteladani. "Sudah barang tentu para tokoh itu bukan malaikat, pasti tidak sempurna, tetapi pasti ada sisi menonjol yang menjadi kekuatannya," ujar Heri.

Ketua Panitia Peringatan HUT Harian Umum Lampung Post ke-34 Kholid Lubis mengatakan, buku karya wartawan dan tim redaksi Lampost itu akan diluncurkan dalam sebuah acara peluncuran di Graha Wangsa Bandarlampung, Rabu (20/8) pukul 19.30. Direncanakan, peluncuran buku itu akan dihadiri Pemimpin Umum Media Group Surya Paloh, Gubernur Lampung Syamsurya Ryacudu, serta sejumlah tokoh nasional dan daerah. Peluncuran buku akan diiringi dengan musik bernuansa etnik asli Lampung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com