Lampung Post Luncurkan Buku 100 Tokoh

Kompas.com - 19/08/2008, 20:19 WIB
Editor

BANDAR LAMPUNG, SELASA - Untuk merayakan hari ulang tahun ke34 serta memperingati 100 Tahun Kebangkitan Nasional, Harian Umum Lampung Post meluncurkan buku 100 Tokoh Terkemuka Lampung. Buku tersebut akan diluncurkan pada Rabu (20/8) di Lampung pukul 19.30.

Ketua Tim Penulis Buku 100 Tokoh Terkemuka Lampung, Heri Wardoyo, dalam siaran pers yang diterima Selasa (19/8) menyebutkan, sebelum menjadi sebuah buku dalam edisi luks, 100 tokoh terkemuka Lampung itu telah diterbitkan dalam edisi koran di harian itu pada 29 Mei 2008.

Ke-100 tokoh terkemuka tersebut merupakan hasil penjaringan dan penyaringan tim Harian Umum Lampung Post dan tim independen yang terdiri atas Dekan FKIP Universitas Lampung Prof Dr Sudjarwo MS dan dua wartawan senior Lampung Oyos Saroso dan Firman Seponada .

Tim memilih 100 tokoh tersebut dengan parameter antara lain, lahir dan besar di Lampung, mempunyai reputasi nasional dan internasional, memberi inspirasi, mempunyai pengaruh di masyarakat, dan dikenal luas.

Menurut Heri, setelah terbit dalam bentuk edisi harian, Lampung Post kemudian merencanakan mengabadikan 100 tokoh terkemuka Lampung tersebut dalam bentuk buku. Rencana itu mendorong redaksi Lampung Post dan tim independen bekerja keras. "Kami bekerja keras menyempurnakan ketokohan maupun penulisan tentang tokoh yang telah lolos seleksi," ujar Heri .

Karya buku itu diharapkan dapat bermanfaat untuk mendokumentasikan jejak para tokoh, dan memberitahukan kepada publik, khususnya masyarakat Lampung, bahwa ada referensi terdekat yang bisa diteladani. "Sudah barang tentu para tokoh itu bukan malaikat, pasti tidak sempurna, tetapi pasti ada sisi menonjol yang menjadi kekuatannya," ujar Heri.

Ketua Panitia Peringatan HUT Harian Umum Lampung Post ke-34 Kholid Lubis mengatakan, buku karya wartawan dan tim redaksi Lampost itu akan diluncurkan dalam sebuah acara peluncuran di Graha Wangsa Bandarlampung, Rabu (20/8) pukul 19.30. Direncanakan, peluncuran buku itu akan dihadiri Pemimpin Umum Media Group Surya Paloh, Gubernur Lampung Syamsurya Ryacudu, serta sejumlah tokoh nasional dan daerah. Peluncuran buku akan diiringi dengan musik bernuansa etnik asli Lampung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.