Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daendels Menaklukkan Puncak Pass?

Kompas.com - 19/08/2008, 07:46 WIB

PEMBANGUNAN Jalan Raya Pos menghadapi banyak rintangan medan berat terutama di daerah pegunungan Priangan yakni Gunung Megamendung, Gunung Masigit, Cadas Pangeran dan rawa-rawa di sekitar Karang Sembung, Cirebon. Nama Jalan Raya Pos dan Daendels dikenang sejarah dan menjadi penting karena begitu banyak nyawa pekerja tewas disebabkan medan berat serta serangan penyakit saat membuat jalan Anjer-Panaroekan.

Sejarawan Djoko Marihandono menjelaskan, tantangan pertama yang harus dihadapi adalah jalur Megamendung yang menghubungkan Cisarua dan Cipanas atau yang kini dikenal sebagai Jalan Raya Puncak.

Megamendung yang dimaksud bukanlah wilayah di sekitar pertigaan Megamendung di Desa Cipayung yang terletak sekitar lima kilometer dari gerbang Tol Gadog menuju Puncak. Berdasar peta Belanda tahun 1904 milik Kartini Collection, terlihat jelas Gunung Megamendung dengan ketinggian 1880 meter dari permukaan laut, terletak di antara Tjisaroea dan Tjimatjan atau Cisarua-Cimacan.

"Jalur Megamendoeng tersebut terletak antara Seuseupan-Gadok-Pasirangin-Tjikopo-Tjisaroea-Tjimatjan-Sindanglaja-Tjipanas-Patjet-Tjiherang-Babakan-Tjiandjoer." Gunung Megamendoeng diperkirakan sebagai titik tertinggi di Jalur Puncak yang menurut sejarawan dari Arsip Nasional, Mona Lohanda, dikenal sebagai Puncak Pass

Peristiwa tersebut sangat monumental sehingga maestro lukis Raden Saleh Syarif Bustaman (dikenal sebagai Raden Saleh), menggambarkan lukisan Daendels dengan latar belakang Jalan Pos, pegunungan dan tangan kiri menunjuk peta bertulis: richting van den weg ober Megamendoeng atau arah jalan di atas Megamendoeng.

Marie-Louise Ten Horn-Van Nispen dalam tulisan ilmiah yang dikirim Atase Kebudayaan Belanda JAM Paul Pieters menerangkan betapa pembangunan Jalan Raya Pos dengan mudah dikerjakan dengan memperlebar jalan desa yang sudah ada. Namun, masalah muncul saat pembangunan Jalan Raya Pos dilakukan di daerah pegunungan dan rawa yang mengakibatkan banyak pekerja jatuh sakit serta tewas.

Jalur Jalan Raya Pos di Distrik Priangan misalnya, harus melintasi celah Gunung Megamendung dan Gunung Masigit (antara Cianjur dan Bandung) dan di Cirebon harus melintasi rawa, demikian Van Nispen mencatat.

Djoko Marihandono menambahkan, untuk membangun jalur Cisarua-Cianjur via Megamendung, semula dibutuhkan 400 pekerja Jawa dengan upah 10 ringgit perak per orang. Jumlah tersebut merupakan bagian terbesar dari 1.100 orang tenaga kerja yang dikerahkan untuk membangun jalan dari Buitenzorg ke Karangsambung (Cirebon).

Karena medan berat, ditambah lagi pekerja dari wilayah Priangan-Cirebon sebanyak 500 orang. Kolonel (Zeni) Von Lutzow memimpin proyek didampingi dua insinyur yang merencanakan di mana jalan dibuka, digali atau diratakan. Jalur Cisarua-Cianjur ditangani seorang insinyur.

Catatan perjalanan Walter Kinloch tahun 1853 dalam Rambles in Java and The Straits menjelaskan, saat melintasi Jalan Raya Pos melintasi Puncak Megamendung. Kami mencapai pos pertama sekitar 6 mil dari Bogor dalam 27 menit dan mengganti kuda. Selanjutnya ditempuh perjalan empat jam dengan kereta kuda untuk mencapai puncak Megamendung yang tingginya 4.300 kaki dari permukaan laut. Setiba di Cisarua, jalan menjadi sangat terjal sehingga beberapa ekor kerbau membantu kuda menarik kereta, kata Kinloch.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com